Liputan Khusus

H+4 Lebaran, Lalu Lintas di Simpang Karanglo Kabupaten Malang Lancar

Sebanyak 5.900 kendaraan roda empat keluar dari Malang Raya dan masuk melalui pintu Tol Singosari pada H+4 Lebaran

H+4 Lebaran, Lalu Lintas di Simpang Karanglo Kabupaten Malang Lancar
surya.co.id/hayu yudha prabowo
Antrean kendaraan roda empat keluar tol Malang-Pandaan menuju jalur arteri di Simpang Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (1/6/2019). H-4 Lebaran 2019 mulai terjadi penumpukan kendaraan di exit tol Singosari dan Simpang Karanglo. 

SURYA.co.id | MALANG - Sebanyak 5.900 kendaraan roda empat keluar dari Malang Raya dan masuk melalui pintu Tol Singosari pada H+4 Lebaran, Minggu (9/6/2019).

Angka diterima dari Sinkom PT Jasa Marga Pandaan-Malang hingga pukul 16:00 WIB.

Petugas Sinkom PT Jasa Marga Pandaan-Malang Ahmad Shiahabudin mengatakan, jumlah tersebut terbilang rendah, lantaran puncak kepadatan kendaraan yang keluar dari Kota Malang terjadi pada Sabtu (8/6/2019) yakni mencapai 23.000 kendaraan.

“Jumlah ini masih rendah dibandingkan kemarin. Tapi data ini juga belum pasti, karena hanya sampai pukul 16.00 WIB. Belum lagi jumlah kendaraan yang tidak melewati Tol Malang-Pandaan,” kata Ahmad Shiahabudin.

Sementara itu, jumlah kendaraan arus balik sejak H+1 lebaran yang keluar dari Kota Malang sebanyak 72.000.

Sedangkan yang masuk ke Kota Malang dari Exit Tol Singosari maupun Pakis mencapai 95.000.

Banyaknya jumlah kendaraan yang akan masuk ke Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang menjadi arus lalu lintas padat pada saat libur lebaran.

Petugas kepolisian pun harus membuat rekayasa arus lalu lintas di Simpang Karanglo yang menjadi jantung penumpukan kendaraan saat arus mudik dan arus balik lebaran.

Kasat Lantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang mengatakan, rekayasa lalu lintas di Simpang Karanglo sifatnya buka tutup, atau melihat kondisi kepadatan volume kendaraan.

Yakni dari arah Kota Batu semua dibelokkan ke arah kiri menuju ke Singosari.

“Jadi yang dari Kota Batu mau ke Tol Mapan atau ke Kota Malang bisa putar balik di Singosari, tepatnya sebelum SPBU,” ucap AKP William.

Sementara dari arah Kota Malang diharuskan melewati Underpass Karanglo, baik yang akan menuju ke Tol Mapan maupun ke Surabaya.

Hal ini dilakukan agar dapat mengurai kepadatan kendaraan dari arah Kota Malang saat arus balik lebaran.

“Pengalihan arus lalu lintas ini bisa berubah sewaktu-waktu, melihat volume kendaraan yang melintas. Jadi petugas di sana yang berhak untuk mengarahkan. Kami mohon para pengendera agar mematuhi imbauan dari petugas,” katanya. (Rifky Edgar)

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved