Angka Kecelakaan di Sidoarjo Saat Lebaran Tahun ini Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Angka kecelakaan lalu lintas di Sidoarjo mengalami penurunan luar biasa selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2019.

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat meninjau bandara Juanda pada puncak arus balik, Minggu (9/6/2019) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Angka kecelakaan lalu lintas di kabupaten Sidoarjo mengalami penurunan luar biasa selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2019.

Data di Polresta Sidoarjo menyebut, sepanjang Operasi Ketupat Semeru 2019 hanya ada dua peristiwa kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan dua korban luka berat. Korban meninggal dunia nihil, dan korban luka ringan juga tidak ada.

"Penurunannya jauh dibanding saat lebaran tahun lalu," ungkap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Senin (10/6/2019).

Tahun lalu, selama arus mudik lebaran terhitung ada delapan peristiwa kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal satu orang, tujuh luka berat, dan lima luka ringan.

"Titik-titik kemacetan juga semua teratasi. Kami sangat bersyukur, sepanjang arus mudik dan balik ini tidak ada lokasi macet parah di Sidoarjo," sambung Zain.

Perangkat Desa di Jombang Meninggal Saat Isi Bensin di SPBU. Penyebabnya Masih Misterius

Tempat Penimbunan Kertas di Malang Terbakar, Petugas Pemadam Kebakaran Sampai Kerahkan Buldozer

Beda dengan tahun lalu, ada beberapa lokasi kemacetan. Seperti di exit tol Waru Gunung, Bundaran Waru, Krian, Taman, dan sejumlah lokasi lain.

Menurutnya, kondisi ini juga berkat penataan atau pemindahan titik pos pengamanan serta penempatan-penempatan anggota di lapangan.

"Memang, penempatan pos pengamanan dan pos pelayanan di area black spot atau area rawan kecelakaan, terlihat ada hasilnya. Pos-pos itu tidak hanya mengatasi kemacetan tetapi menurunkan angka kecelakaan," sambung Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kesadaran masyarakat pengguna jalan itu sendiri. "Warga sudah sadar pentingnya tertib berlalu lintas guna wujudkan keselamatan di jalan," sambungnya.

Puncak arus mudik di Sidoarjo diketahui terjadi pada H-4 lebaran. Itu terlihat dari data di Terminal Purabaya, Bandara Juanda, dan sejumlah lokasi lain.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved