4 Kader PKB yang Potensial Maju Pemilihan Bupati Sidoarjo

PKB mulai memanasi mesin politik untuk menyambut Pemilihan Bupati Sidoarjo pada 2020 mendatang. Ada 4 nama kader yang berpeluang besar.

4 Kader PKB yang Potensial Maju Pemilihan Bupati Sidoarjo
antara/syaiful arif
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai menginventarisir jajaran kader internalnya yang bisa masuk dalam bursa pencalonan Bupati Sidoarjo. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim menyebut ada empat kader PKB yang bisa saja maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Sidoarjo 2020 mendatang.

”Sebenarnya, PKB di Sidoarjo memiliki banyak kader. Elektabilitas dan kapabilitasnya bagus. Istilahnya, mentes-mentes,” kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (10/6/2019).

Pertama adalah Anik Maslachah. Saat ini, Anik masih menjadi Anggota DPRD Jatim dari dapil Sidoarjo sekaligus menjabat Ketua Komisi C DPRD Jatim. Pada pemilihan legislatif 2019, Anik kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Jatim dengan memperoleh suara terbanyak (119.652 suara) di dapil Jatim 2 (Sidoarjo).

”Mbak Anik bisa mewakili perempuan,” kata Fauzan.

Tokoh kedua adalah Syaikhul Islam Ali. Syaikhul merupakan putra Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Progresif Bumi Shalawat di Lebo Sidoarjo, KH Agus Ali Mashuri.

Kini, ia masih menjadi Anggota DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo (Jatim 1). Sama seperti Anik, Syaikhul juga mendapat suara terbanyak di antara caleg yang lain di dapil ini dengan memperoleh 140.631 suara pada pemilu 2019.

”Gus Syaikhul punya pengalaman dua periode terpilih sebagai Anggota DPR RI,” kata Fauzan.

Tak kalah tenar, ada nama Achmad Amir Aslichin, Ketua Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Pria yang akrab disapa Iin juga merupakan putra Bupati Sidoarjo saat ini, Saiful Ilah. Pada pemilu 2019 lalu, Iin mendapingi Anik dengan lolos ke DPRD Jatim.

”Beliau juga menjabat Ketua Garda Bangsa Jawa Timur (organisasi sayap kepemudaan PKB),” imbuh Fauzan.

Selain itu, ada nama Nur Ahmad Syaifuddin, Wakil Bupati Sidoarjo saat ini. Di PKB, Nur Ahmad menjabat sebagai Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Sidoarjo yang sukses mengantarkan PKB menjadi pemenang pemilu di Sidoarjo.

Pada pemilu 2019, partai berlambang sembilan bintang ini mendapat 309.249 suara atau meningkat 45 ribu suara dibandingkan pemilu sebelumnya. Selain itu, jumlah kursi PKB di DPRD Sidoarjo juga meningkat dari 13 menjadi 16 kursi.

”Tentu, itu menjadi beberapa catatan menarik yang bisa menjadi pertimbangan,” kata Fauzan. 

Dengan besarnya potensi kader yang dimiliki PKB tersebut, tak menutup kemungkinan PKB akan ’mengawinkan’ dua kadernya sekaligus. ”Kombinasi PKB-PKB memang menarik. Namun, tentu kami masih mempertimbangkan dinamika kedepan,” jelasnya.

Pihaknya memastikan akan mengutamakan kader internal di pilbub Sidoarjo. ”Prinsipnya, kami terbuka dengan tidak membedakan mana kader dan bukan kader. Namun, sekali lagi perlu menjadi catatan bahwa kami punya beberapa nama (calon bupati) yang patut diperhitungkan,” kata Anggota DPRD Jatim terpilih ini.

Berstatus pemenang di Pileg 2019, PKB cukup menentukan pada pilkada di Sidoarjo. 

Gerindra Daftarkan Gugatan Hasil Pileg DPR RI di Dapil Madura ke MK

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved