Lebaran 1440 H

Waspadai Titik Macet di Jember saat Arus Balik Lebaran

Berdasarkan pantauan Dinas Perhubungan Jember, titik kemacetan antara lain terjadi di ruas jalur Rambipuji sampai pertigaan Kaliputih, Bangsalsari.

Waspadai Titik Macet di Jember saat Arus Balik Lebaran
surya.co.id/sri wahyunik
Kawasan Rambipuji merupakan salah satu titik kemacetan di Kabupaten Jember. 

Surya.co.id |JEMBER -  Sejumlah titik kemacetan di ruas jalan di Kabupaten Jember selama masa arus Balik Lebaran 2019 ini. Berdasarkan pantauan Dinas Perhubungan Jember, titik kemacetan antara lain terjadi di ruas jalur Rambipuji sampai pertigaan Kaliputih, Bangsalsari, sekitar Pasar Wirolegi, juga Gunung Gumitir.

Kemacetan cukup parah terjadi di jalur selepas Terminal Tawangalun - Rambipuji - Bangsalsari pada Sabtu (8/6/2019) mulai pagi sampai malam. Namun pada Minggu (9/6/2019) di ruas jalur tersebut terpantau ramai lancar. Di jalan raya depan Polsek Rambipuji sampai pertigaan Kaliputih terpantau padat sampai tengah hari pada Minggu (9/6/2019). Selepasnya terpantau ramai lancar.

Saat Surya memantau kawasan itu sekitar pukul 14.50 Wib, kendaraan berlalu lalang secara lancar. Arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Kendaraan didominasi oleh mobil dan sepeda motor. Terpantau arus dari arah Surabaya ke Jember - Banyuwangi - Bali padat namun lancar, begitu juga sebaliknya dari arah Bali - Banyuwangi - Jember ke Lumajang - Malang / Surabaya yang melintasi jalur tersebut. Kendaraan dengan nomor polisi luar Jember mendominasi jalanan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jember Hadi Mulyono meminta pengendara yang melintasi Kabupaten Jember untuk mudik dan balik Lebaran mewaspadai beberapa jalur rawan kemacetan tersebut. "Semalam itu di Rambipuji sampai cukup malam masih macet. Hari ini terpantau ramai lancar. Semoga sampai nanti malam tidak ada kemacetan di Rambipuji - Kaliputih - Bangsalsari," ujar Hadi kepada Surya, Minggu (9/6/2019).

Jika pengendara terjebak kemacetan di jalur tersebut, Hadi menyarankan untuk melewati jalur alternatif. "Ada petugas yang membantu. Ke depan, kami juga akan memasang rambu petunjuk jalan alternatif tersebut," kata Hadi.

Jika kawasan Rambipuji macet, biasanya akan berimbas di jalur nasional yang berada di Kecamatan Bangsalsari. Jalur ini merupakan satu rute. Kecamatan di jalur ini disebabkan oleh banyaknya persimpangan, juga faktor volume kendaraan yang bertambah melintasi jalur tersebut. Sementara tidak ada penambahan ruas jalan.

Sedangkan titik kemacetan di seputaran Pasar Wirolegi disebabkan oleh perempatan dengan traffict light, dan pasar. Sementara kemacetan di jalur Gunung Gumitir biasanya terjadi jika ada kendaraan yang mogok, atau bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang. Di jalur penghubung Jember - Banyuwangi - Bali ini sempat terjadi kemacetan pada Kamis (6/6/2019) lalu mulai siang sampai hampir tengah malam karena adanya sebuah kendaraan yang mogok.

Namun jika ada kendaraan yang mogok atau bencana alam, jalur tersebut relatif lancar di masa Balik Lebaran meskipun dipadati kendaraan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved