Lebaran 2019

Ratusan Penunpang Arus Balik Gratus di Kepulauan Sumenep Madura Serbu Kapal Express Bahari

Sedikitnya 400 orang penumpang asal Pulau Kangean dan Sapsken, menyerbu Kapal cepat Express Bahari 1C, yang melayani pelayaran gratis arus balik.

Ratusan Penunpang Arus Balik Gratus di Kepulauan Sumenep Madura Serbu Kapal Express Bahari
surya.co.id/moh rivai
Kapal Cepat Express Bahari 1C saat sandar di Pelabuhan Kalianget usai membawa Penumpang dari Kepulauan Kangean dan Sapeken Sumenep, Minggu (9/6/2019). 

SURYA.co.id | SUMENEP - Sedikitnya 400 orang penumpang asal Pulau Kangean dan Sapsken, menyerbu Kapal cepat Express Bahari 1C, yang melayani pelayaran gratis arus balik usai Hari Raya Idul 1440 H, dari Pelabuhan Batu Guluk, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangen Sumenep, Minggu (9/6/2019).

Mereka berebut ke kapal mudik gratis program Pengprov Jatim itu mulai sejak Sabtu malam, padahal kapal masih berangkat Minggu pagi. Sebagian besar mereka yang berebut naik kapal karena mereka harus kembali masuk ke tempat kerjanya pada Senin (10/6/2018), ada juga sebagian mahasiswa yang ingin kembali ke kampusnya untuk melanjutkan kuliahnya.

“ Sebagian besar juga adalah mereka yang akan kembali ke tempat kerjanya sebagai TKI dan TKW ke beberapa negeri Malaysia dan Brunai Darussalam,” kata Abdul Azis, tokoh masyarakat Pulau Kangean, saat ditemui Surya di pelabuhan Kalianget, Sumenep, Minggu (9/6/2019).

Kata Azis, mereka yang kembali bekerja di dalam negeri, sebagian mereka yang selama ini merantau ke luar daerah yang bekerja di kota-kota besar seperti di Surabaya, Bali dan Jakarta. Yang terdekat mereka bekerja di Surabaya dan sebagian lagi menjadi PNS di lingkungan Pemkab Sumenep.

“ Atasnama masyarakat kepulauan Sumenep, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim yanh telah memfasilitasi mudik dan balik gratis ini,” sambung Azis.

Pada arus balik kali inipun sama dengan arus mudik sebelum Hari Raya Idul Fitri, bahwa kapal memfokuskan membawa penumpang dan barang bawaan seadanya juga. Tidak untuk angkutan barang dagangan atau barang-barang lainnya yang bukan bawaan penumpang.

Dalam program Mudik dan Balik Gratis, terdapat tiga kapal bantuan Pemerintah. Yakni dua kapal dioperatori PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dan satu kapal akan dioperatori oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry. Kemenhub juga menambah kapal Roll-On Roll-Off (RORO) yang selalu disiagakan di Pelabuhan Kalianget.

“ Dua kapal tersebut yakni KM Gandha Nusantara 01 dan Gandha Nusantara 02 l. Dan program satu lagi di Kapal Cepat Express Bahari 1C yang juga setia melayani angkutan laut hingga 10 juni 2019,” kata Agus, petugas Dinas Perhubungan, Sumenep.

Penulis: Moh Rivai
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved