Breaking News:

Lebaran 2019

Kemenhub Terapkan Dua Sistem ini Untuk Antisipasi Lonjakan Ekstrem Arus Balik pada Hari Minggu

Kemenhub beserta instansi terkait akan lakukan dua sistem guna mengantisipasi adanya lonjakan ekstrem pada arus balik Lebaran 2019, Minggu (9/6/2019).

Editor: Akira Tandika
SURYA.co.id/Sutono
Kemenhub Terapkan Dua Sistem ini Untuk Antisipasi Lonjakan Ekstrem Arus Balik pada Hari Minggu 

SURYA.co.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beserta instansi terkait akan lakukan dua sistem guna mengantisipasi adanya lonjakan ekstrem pada arus balik Lebaran 2019, yang diprediksi terjadi, Minggu (9/6/2019).

Hal itu dikatakan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono saat ditemui awak media di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2019).

Djoko mengatakan, puncak arus balik sebenarnya telah terlihat seak Sabtu (8/6/2019). Namun, ia masih berharap tak akan ada lonjakan ekstrem pada arus balik Lebaran 2019 ini.

"Puncak (arus balik) itu sebenarnya sudah bisa kami lihat tapi puncak ekstrem kami harapkan tidak ada," kata Djoko seperti dikutip pada artikel Kompa.com yang berjudul "Kemenhub Antisipasi Lonjakan Ekstrem Arus Balik pada Hari Minggu".

Meski begitu, Djoko Sasono memprediksi jumlah kendaraan sat arus balik masih akan tinggi pada Minggu (9/6/2019).

Djoko menilai, arus balik pada hari Minggu akan didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Alasannya, kata dia, para ASN sudah harus kembali bekerja pada Senin, 10 Juni 2019. Untuk mengantisipasi kemacetan, Kemenhub bersama instansi terkait sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa yang dilakukan masih sama dengan sebelumnya, seperti sistem satu arah atau one way dan contra flow.

"Tentunya selain one way yang dilakukan juga ada contra flow segala macam, semua opsi tergantung dengan dinamisasi di lapangan dan itu diberikan kepada Kakorlantas untuk diskresi," ujarnya.

12 Titik Kepadatan Arus Lalu Lintas di Jawa Timur Saat Arus Balik Lebaran

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved