Berita Mojokerto

Kepergok Buang Puntung Rokok Sembarangan Terminal Kertajaya, Kondektur Bus di Mojokerto kena Teguran

dua perusahaan otobus (PO) melakukan pelanggaran di Terminal Kertajaya, Mojokerto pada Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 2019, Sabtu (8/6/2019).

Kepergok Buang Puntung Rokok Sembarangan Terminal Kertajaya, Kondektur Bus di Mojokerto kena Teguran
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
kondisi Bus Kosgoro Jurusan Pasuruan Mojokerto yang tidak layak membawa penumpang membuat petugas dinas perhubungan menilang awak bus di terminal kertajaya, Sabtu Sore (8/6/2019) 

SURYA.CO.ID | Mojokerto - Sebanyak dua perusahaan otobus (PO) melakukan pelanggaran di Terminal Kertajaya, Mojokerto pada Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 2019, Sabtu (8/6/2019).

Perusahaan otobus yang melakukan pelanggaran di Terminal Kertajaya itu bernama Harapan Jaya dengan Jurusan Kertosono Surabaya dan Kosgoro jurusan Pasuruan Mojokerto.

Untuk Bus Harapan Jaya, kondektur bus tertangkap basah membuang puntung rokok sembarangan di lingkungan Terminal Kertajaya Mojokerto oleh Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Pengendalian dan Pengelolaan Prasarana (KASI DAOPS P3) Dishub Jawa Timur, Yoyok Kristio Wahono.

"Saya lihat secara langsung kondektur bus harapan jaya membuat puntung rokok sembarangan di lingkungan Terminal Kertajaya ketika mau naik ke bus. Sehingga kondektur bus saya tilang," kata Yoyok Krist di Terminal Kertajaya, Sabtu Sore (8/6/2019)

Menurut Yoyok, pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada awak bus sejak tahun 2018 tentang sanksi mengotori lingkungan di sekitar Terminal Kertajaya.

"Untuk awak bus yang buang sampah dan kencing sembarangan di Terminal Kertajaya, maka akan kami berikan sanksi tilang kepada awak bus yang ketahuan mengotori lingkungan di sekitar area Terminal Kertajaya," himbaunya.

Masih kata Yoyok, sanksi tilang yang diberikan kepada awak bus bertujuan untuk memberikan edukasi kepada semua masyarakat pengguna terminal kertajaya dan para awak bus agar bisa berbuat dan menjaga kebersihan.

"Kami sudah menyediakan tempat sampah dan fasilitas sarana dan prasarana yang mudah bagi pengguna Terminal Kertajaya dan awak bus.

jadi kami harap para awak bus dan masyarakat pengguna terminal kertajaya tidak membuang sampah sembarangan dan kencing sembarangan," katanya.

Selain itu, lanjut Yoyok, Terminal Kertajaya sedang mengikuti lomba kota sehat. Salah satu point kota sehat adalah kebersihan dan kenyamanan terminal.

Oleh karena itu, Terminal Kertajaya berbenah diri untuk membangun budaya bersih terhadap pengguna transportasi

Selain Harapan Jaya, ada bus Kosgoro Jurusan Pasuruan Mojokerto melakukan pelanggaran dengan tidak membawa buku uji dan body bus tidak layak untuk memuat penumpang.

"Tadi saya lihat body bus berkarat dan penyok sehingga tidak layak membawa penumpang, selain itu permukaan roda bus tipis dan awak bus tidak membawa buku uji.

Cuma bawa fotokopi nya aja sehingga mengalami mati uji. Karena melakukan pelanggaran, maka saya tilang," katanya.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved