Lebaran 2019

Simpang Bangjuri Merayap, Antrean Mobil di Exit Tol Bandar Jombang Mengular 1,5 Kilometer

Kemacetan lalu lintas di Jombang justru terasa pada H+1 lebaran Idul Fitri, Kamis (6/6/2019).

Simpang Bangjuri Merayap, Antrean Mobil di Exit Tol Bandar Jombang Mengular 1,5 Kilometer
SURYA.co.id/Sutono
Antrean mobil sepanjang sekitar 1,5 kilometer menjelang pintu keluar tol (exit toll) Bandar, Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG – Kemacetan lalu lintas di Jombang justru terasa pada H+1 lebaran Idul Fitri, Kamis (6/6/2019).

Salah satunya, terjadi pada jalur menjelang pintu keluar tol (exit tol) Bandar, Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang.

Kemacetan terjadi lepas tengah hari hingga menjelang sore. Puncak kemacetan mencapai antrean mobil yang mengular sampai sekitar 1,5 kilometer panjangnya.

Kepadatan di exit tol Bandar Jombang ini dipicu tingginya arus kendaraan baik di jalur tol maupun jalan arteri pada H+1 lebaran 2019 ini.

Lalu lintas di jalan arteri padat merayap. Ini karena adanya penyempitan jalur pada Jembatan Kayen, Bandarkedungmulyo, Jombang serta dua perlintasan Kereta Api dan penumpukan kendaraan di simpang Bangjuri (Jombang, Nganjuk, Kediri).

Akibatnya, kendaraan yang hendak keluar dari exit toll pun terhambat karena pintu tol berada tak jauh dari simpang empat Bangjuri.

Karena antrean kendaraan di jalur arteri juga mencapai hampir 1 kilometer, mulai depan kantor Polsek Bandarkedungmulyo hingga jembatan Kertosono, Nganjuk.

Untuk menghindari penumpukan lebih parah, petugas kepolisian, TNI maupun masyarakat sekitar mengarahkan kendaraan pemudik lewat jalur alternatif menuju ke Purwoasri, Kediri.

Kemacetan terjadi dari arah timur ke barat. Sedangkan dari arah sebaliknya, arus lalu lintas relatif lancar.

Begitu juga kendaraan yang masuk tol lewat entri Bandar, relatif tanpa hambatan. Kemacetan di jalan tol terjadi dari arah Mojokerto menuju ke Bandar sekitar 1,5 kilometer. Kepadatan kendaraan ini hanya terjadi di jalur keluar tol menuju Kediri.

Sejumlah petugas terlihat bersiaga di lokasi sepurtar exit tol dan sekitarnya. Mereka mengatur arus lalu lintas agar kemacetan segera terurai.

Untuk menghindari penumpukan lebih parah, petugas jalan tol mengarahkan pemudik untuk putar kembali, agar keluar melalui esit toll tol Nganjuk.

“Macetnya hanya pas mau keluar tol Jombang saja, tadi di dalam (tol) lancar. Saya dari arah Jawa Tengah lancar,” kata Zainal Arifin, pemudik asal Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/6/2019).

Zainal mengaku dirinya hendak ke Kediri, dan terjebak kemacetan di exit tol Bandar sekitar satu jam.

"Saya kira di sini tidak macet. Kalau tahu di sini macet, saya pilih keluar lewat jalur keluar Nganjuk," kata Zainal.

Penulis: Sutono
Editor: Akira Tandika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved