Pertanyaan 'Kapan Nikah?' saat Lebaran 2019 Baiknya Tak Ditanyakan, Begini Efeknya Menurut Ahli

Pertanyaan 'kapan nikah?' ternyata memiliki dampak yang beragam bagi tiap orang, bergantung karakter masing-masing individu.

Pertanyaan 'Kapan Nikah?' saat Lebaran 2019 Baiknya Tak Ditanyakan, Begini Efeknya Menurut Ahli
Istimewa
Pertanyaan 'Kapan Nikah?' saat Lebaran 2019 Baiknya Tak Ditanyakan, Begini Efeknya Menurut Ahli 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

SURYA.co.id | SURABAYA - Idul Fitri 1440 Hijriah telah tiba, pada momen ini sanak saudara mulai dari yang paling dekat sampai jauh akan berkumpul. Para tetangga akan saling berkunjung satu sama lain.

Selain bersalaman dan bermaaf-maafan, untuk mengakrabkan suasana bersilaturami, biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyan untuk sekadar nasa-basi.

Beberapa yang sering ditanyakan adalah 'Kapan nikah?' dan 'Sudah punya anak belum?'

Indri Putri Waskithasari, M.Psi., psikolog dari Rumah Sakit Husada Utama mengatakan, pertanyaan tersebut sebenarnya akan berdampak macam-macam bagi setiap orang.

"Tentu efeknya akan beda, tergantung karakter orangnya. Untuk orang-orang yang sangat yakin sama jalan hidupnya, mungkin tidak akan jadi pikiran," ujar Indri.

Tapi, lanjutnya, mengingat budaya di mana kita sangat percaya pada penilaian dan pengakuan orang lain, sebagian besar orang akan merasa terpengaruh.

"Pengaruh paling kecil mungkin ada rasa terganggu dan yang paling besar mungkin sampai terasa gagal menjalani hidup karena tidak bisa mencapai apa yg sebagian besar orang capai. Antara lain menikah, punya rumah, punya anak, dan lainnya dengan urutan yg normatif," jelas Indri.

Untuk itu, ia menyarankan, pertanyaan-pertanyaan senada dengan itu, sebaiknya tidak perlu ditanyakan.

Dalam Idul Fitri, pertanyaan netral seperti kabar, mengapresiasi kehadirannya di momen berkumpul keluarga, ajakan mencicipi makanan dan pertanyaan mengenai menu yang disukai akan lebih mengakrabkan suasana.

Halaman
12
Penulis: Hefty's Suud
Editor: Akira Tandika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved