Citizen Reporter

Hidroponik, Solusi Pertanian Kota Surabaya 'Jaman Now'

Mahasiswa UKDC Surabaya mendorong Hidroponik untuk menjadi salah satu solusi pertanian dan lingkungan di Surabaya yang memiliki lahan terbatas.

Hidroponik, Solusi Pertanian Kota Surabaya 'Jaman Now'
ist/citizen reporter
Mahasiswa UKDC Surabaya saat memberikan pelatihan bertani dengan teknik hidroponik di kampung Deles, Surabaya. 

SURYA.co.id | Keterbatasan lahan menjadi alasan warga kampung Deles, RT 3/RW 4, Surabaya, enggan melakukan penanaman. 

Karena itu, wajar bila di lingkungan yang dihuni sekitar 50 kepala keluarga ini terasa kurang asri. 

Hal ini terungkap dari survei analisis sosial yang dilakukan oleh kelompok 13 pengabdian masyarakat yang dijalani mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya. 

Dilatarbelakangi temuan itulah, mereka bekerjasama dengan “Jawara Farm” untuk memberikan solusi dengan budidaya hidroponik.

Metode bertanam hidroponik adalah metode tanam yang tidak memakai tanah dan tidak membutuhkan lahan yang luas, namun menunjang penghijauan lingkungan. Program ini dilakukan di bulan Mei 2019 dengan memakai metode Wick System dan NFT.

Hidroponik, Si Kecil Bernilai Besar Hasil Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UKDC

Dalam pelaksanaannya, warga mendapat pengaraha serta pendampingan untuk praktek mulai dari semai, rawat, hingga proses panen. Adapun pelaksanaan dibuat secara kelompok dan dievaluasi. Dari evaluasi itu, yang terbilang berhasil cukup baik adalah kelompok 3 dan 1.

Di penghujung kegiatan ini, ketua RT setempatAchmad Charis,  berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh kelompok 13 pengabdian masyarakat UKDC.

Sedangkan ketua RW setempat, Mustiyani, menyebutkan : "transfer knowledge tentang hidroponik bagi warga RT. 03 sangat membantu, dan diharapkan ke depan warga RT. 03 dapat mengikuti lomba Surabaya Go Green and Clean karena sudah memperoleh bekal tentang budidaya hidroponik”.

Harapan dari Ibu RW dan Bapak RT serta kelompok 13 Pengabdian Masyarakat, dengan adanya praktek pelaksanaan hidroponik, dapat mewujudkan lingkungan Deles yang asri serta membangkitkan semangat wirausaha bagi warga Deles dengan melakukan budidaya hidroponik.

Penulis : Lamsaria, S. & Diva N, Mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved