Berita Surabaya

H-3 Lebaran 2019, Penumpang Terminal Purabaya Turun 30 Persen, Dishub Surabaya: Imbas Tol Baru

jumlah penumpang di musim mudik Lebaran 2019 di Terminal Purabaya mengalami penurunan signifikan, yakni mencapai 30 persen.

H-3 Lebaran 2019, Penumpang Terminal Purabaya Turun 30 Persen, Dishub Surabaya: Imbas Tol Baru
tribun jatim/kukuh kurniawan
Suasana di Terminal Purabaya, Jumat (31/5/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Terminal Purabaya biasanya menjadi terminal yang sangat sibuk. Tahun lalu, pada H-4 Lebaran, jumlah penumpang mencapai lebih dari 59.000. Namun, ada yang berbeda pada tahun ini.

Menurut Kepala UPT Terminal Purabaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Inderagani, jumlah penumpang Terminal Purabaya mengalami penurunan signifikan, yakni mencapai 30 persen.

"H-3 lebaran ini ada peningkatan sampai jam 12.00 WIB tadi 21.000 penumpang. Kemarin, 42.000 penumpang. Tapi kalau dibandingkan tahun lalu jauh ya. Tahun lalu H-4 itu penumpang lebih dari 59.000. Jadi dibandingkan tahun lalu, turun sekitar 28 persen. Tapi kalau dibanding hari biasa ya naik, kurang lebih 48 persen," papar Inderagani.

Ketika ditanya penyebab penurunan jumlah penumpang, Inderagani menjawab ada beberapa faktor yang mungkin berkontribusi, seperti tol-tol baru yang sudah diresmikan dan banyaknya giat mudik gratis.

"Faktornya banyak. Karena masyarakat sekarang dengan adanya tol, jadi banyak yang ingin lewat tol dengan kendaraan pribadi maupun sewaan. Bisa dilihat sendiri ramainya Surabaya ke Jakarta, apalagi wilayah Jatim. Kemudian banyaknya instansi pemerintah dan swasta yang mengadakan mudik gratis," tuturnya.

Ia menambahkan, kini pelabuhan-pelabuhan daerah banyak yang mengalami peningkatan fasilitas, sehingga bukan tidak mungkin masyarakat beralih menjadikan kapal sebagai moda transportasi mudik.

"Pelabuhan-pelabuhan daerah seperti Jember itu peningkatan, sekarang bagus. Dulu naik bus dulu dari Bungurasih, sekarang dari pelabuhan Jember langsung naik kapal. Lalu penumpang kapal yang biasanya membanjiri Terminal Purabaya dan Osowilangun, itu informasi dari teman-teman, Pelindo kerja sama dengan Damri untuk penjemputan, jadi penumpang langsung diantar ke daerahnya," imbuhnya.

Tetapi, dibalik menurunnya jumlah penumpang, Inderagani mengaku senang karena banyaknya opsi jalur maupun transportasi mudik, membuat jalan biasa lancar.

Akhirnya, bus-bus yang biasa kena macet di jalan, hingga H-3 ini sampai di terminal tepat waktu, sehingga tidak ada penumpukan di terminal.

"Secara keseluruhan kami juga ikut senang karena semua penumpang lancar, akhirnya bus yang biasa kena macet di jalan balik terminal dengan lancar. Terutama memang pengaruh tol yang sudah diresmikan itu besar sekali," ujarnya

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved