Rumah Politik Jatim

PKB Tegaskan Tak Akan Intevensi Pemilihan Ketua Ansor Jatim

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan tak akan mencampuri urusan Konferensi Wilayah (Konferwil) Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor J

PKB Tegaskan Tak Akan Intevensi Pemilihan Ketua Ansor Jatim
antara
Simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan kampanye terbuka di Lapangan Hertasning Makassar, Sulsel, Senin (17/3/2014). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan tak akan mencampuri urusan Konferensi Wilayah (Konferwil) Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur. Utamanya, di dalam menentukan Ketua PW Ansor Jatim.

Pada awal penjelasannya, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Fauzan Fuadi tak memungkiri bahwa banyak kader PKB yang menjadi pengurus di Ansor. 

"Meskipun banyak kader PKB yang menjadi Ketua Ansor, namun bukan berarti rumah tangga PKB dengan Ansor bisa dicampur-campur," kata Fauzan kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (1/6/2019) di Surabaya.

PKB memastikan akan menghormati kedaulatan Ansor sebagai badan otonom (banom) kepemudaan milik Ormas agama terbesar, Nahdlatul Ulama (NU).

"Kalau ingin memiliki pemimpin yang seperti apa, yang menentukan ya Ansor sendiri. Yang memiliki hak untuk dipilih dan memilih kan mereka semua," katanya.

Pihaknya menegaskan tak akan melakukan intervensi terhadap figur manapun yang akan maju sebagai Ketua PW Ansor.

"Walaupun (Ketua terpilih) bukan dari PKB, kalau kemudian dipilih oleh forum, terus mau apa? Kan ya nggak apa-apa," katanya.

Adanya anggapan bahwa Ansor dan PKB memiliki kedekatan dinilai oleh Fauzan sebagai kewajaran. Sebab, pada sejarah pendiriannya, PKB dideklarasikan oleh para kiai-kiai NU, sebagai ormas yang menaungi Ansor.

"Sehingga, karena PKB memiliki historis dengan NU maka seringkali suksesi NU dan banomnya diwarnai oleh tampilnya kader PKB, termasuk di Ansor. Bagi PKB, hal ini menjadi bukti banyak kader PKB yang dinilai mumpuni dan layak menjadi leader," kata Fauzan.

Saat ini, mengemuka dua kandidat Calon Ketua PW Ansor Jawa Timur. Di antaranya, M Abid Umar (Ketua PW Ansor penunjukan oleh Pimpinan Pusat) dan Syafiq Syauqi (Ketua PC Ansor Tuban).

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved