Berita Gresik

Kontes Bandeng Tradisional Gresik 2019 Dimenangkan Warga Pangkahwetan, Begini Kata Bupati

Kontes Bandeng Tradisional 2019 dimenangkan oleh seorang kepala desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik

Kontes Bandeng Tradisional Gresik 2019 Dimenangkan Warga Pangkahwetan, Begini Kata Bupati
Tribunjatim.com/Willy Abraham
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama pemenang kontes bandeng, Jum'at (31/5/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Kontes Bandeng Tradisional 2019 dimenangkan oleh seorang kepala desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jum'at (31/5/2019). Bandeng seberat 7,8 kilogram itu membawa pulang trofi juara 1 dan uang sebesar Rp 15 juta.

Bandeng milik Syaifullah Mahdi (45) petani bandeng yang juga kepala desa ini menyisihkan bandeng milik peserta lainnya. Menurut pria yang kerap disapa Sandi ini mengaku membutuhkan waktu lebih dari 9 tahun untuk membuat bandeng menjadi ukuran super jumbo.

"Yang paling penting itu air. Airnya harus bersih, kalau ikan besar gampang sensitif. Kalau airnya tua atau belum pernah diganti ikan gampang stres jadi harus sering ganti air," kata Sandi.

Sandi tidak menyangka dapat meraih juara pada ajang kontes bandeng kali ini, sebab beberapa pesaingnya cukup kuat.

Juara 2 dimenangkan oleh Rizal Kamal (24) warga Pangkahwetan, dengan bandeng seberat 7,6 kilogram yang sudah dipelihara selama 8,5 tahun dan berhak membawa pulang hadiah Rp 10 juta.

Juara 3 berhasil diraih oleh Muhammad Irfan (27) dengan berat bandeng 5,3 kilogram ini, warga Dusun Mentani, Watuagung Mengare, Kecamatan Bungah membawa pulang Rp 5 juta.

Acara yang di pusatkan di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Gresik ini dijubeli pengunjung.

Selain dihibur oleh konser musik dangdut acara juga diiringi gelak tawa saat melihat Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto memegang bassist dan Wabup Gresik, Moh Qosim bernyanyi.

Di akhir acara, Sambari mengaku acara ini merupakan turun temurun bahkan sebelum dia lahir dan bertahan hingga sekarang.

Penyelenggaran kontes bandeng tradisional kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved