Berita Jember

Bupati Faida: Mobil Dinas Tidak untuk Mudik

Bupati Faida: Pemakaian mobil dinas hanya untuk kepentingan kedinasan, bukan untuk kepentingan pribadi.

Bupati Faida: Mobil Dinas Tidak untuk Mudik
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Mobil dinas di linkungan Pemerintah Kabupaten Jember yang sudah kami dikandangkan sejak H-7 

SURYA.co.id | JEMBER - Mobil dinas tidak untuk mudik. Demikian ditegaskan oleh Bupati Jember Faida.

Faida menegaskan, ASN di Pemkab Jember mengikuti peraturan Pemerintah pusat yang melarang pemakaian mobil dinas untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran atau dipakai untuk kepentingan pribadi bersilaturahmi saat Lebaran.

"Kami mengikuti aturan dari pemerintah pusat yang melarang pemakaian mobil dinas untuk mudik. Mobil dinas sudah kami kandangkan sejak H-7 Lebaran lalu," ujar Bupati Faida, Sabtu (1/6/2019).

Dia menegaskan pemakaian mobil dinas hanya untuk kepentingan kedinasan, bukan untuk kepentingan pribadi.

"Namanya mobil dinas ya untuk urusan kedinasan. Kalau urusan pribadi ya pakai mobil pribadi," imbuhnya.

Dari pantauan Surya.co.id, mobil dinas dikandangkan di beberapa titik halaman di Pemkab Jember. Halaman dan lorong dijadikan lokasi parkir mobil plat merah itu.

Mobil dinas sebagian besar dikandangkan mulai Rabu (29/65/2019) sore. Meskipun akhirnya ada yang dipakai kembali untuk urusan kedinasan pada Jumat (31/5/2019) dan Sabtu (1/6/2019). Sebab pada Jumat (31/5/2019) masih hari aktif kerja.

Seperti yang terjadi pada mobil dinas Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief. Mobil dinas berplat nomor P 2 RP itu sudah diparkir di halaman depan Pemkab Jember sejak Rabu (29/5/2019) sore, bersama dengan mobil dinas Bupati Jember yang berplat nomor P 1 RP.

Namun, akhirnya mobil dinas Wabup Jember itu diambil kembali oleh sang sopir karena Wabup Jember harus memakainya untuk urusan kedinasan pada Jumat (31/5/2019), dan Sabtu (1/6/2019). Pada Sabtu (1/6/2019) Wabup Jember mengikuti acara bersama gubernur di Pemprov Jatim.

Berdasarkan data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Jember, jumlah mobil dinas di Jember berjumlah 547 unit. Dari jumlah itu sebanyak 245 unit dikandangkan. Sisanya merupakan mobil operasional yang dipakai pelayanan selama libur Lebaran.

Bupati Faida menegaskan ada beberapa mobil dinas yang tetap beroperasi selama libur Lebaran, antara lain mobil ambulans, kendaraan operasional obat, kendaraan operasional pos kesehatan Lebaran, mobil operasional Dinas Perhubungan, pemadam kebakaran, mobil pick-up Satpol PP, juga mobil operasional penanganan kebencanaan dan mobil pengangkut sampah.

Mobil ambulans yang beroperasi itu yang ada di RSD dr Soebandi, Kalisat, Balung, juga Puskesmas milik Dinas Kesehatan.

"Yang dikandangkan boleh diambil saat masuk kerja 10 Juni nanti," pungkas Faida.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved