Ibu Hamil di Trimester Pertama dan Ketiga Tidak Dianjurkan Mudik Jauh, Berikut Penjelasannya

Pada trimester ini, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan perjalanan yang lama dan jauh. Apalagi jika ada keluhan-keluhan.

Ibu Hamil di Trimester Pertama dan Ketiga Tidak Dianjurkan Mudik Jauh, Berikut Penjelasannya
Istimewa
Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSIA Kendangsari Merr, Dr dr Ernawati Darmawan SpOG (K) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mudik menjadi tradisi umat muslim di Indonesia setiap Hari Raya Idulfitri.

Momentum satu tahun sekali ini dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga serta sanak saudara.

Namun, ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Di antaranya yakni ibu hamil yang memasuki trimester pertama dan terakhir.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSIA Kendangsari Merr, Dr dr Ernawati Darmawan SpOG (K), menuturkan bahwa trimester pertama dan terakhir merupakan kondisi rawan yang bisa membahayakan, baik kepada ibu maupun calon buah hati.

Trimester pertama adalah masa awal kehamilan yang dimulai pada usia 1 hingga 13 minggu. Pada trimester ini, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan perjalanan yang lama dan jauh. Apalagi jika ada keluhan-keluhan.

"Seperti merasa nyeri, keluar flek atau muntah berat. Ibu hamil dengan kondisi seperti ini, sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh karena beresiko mengalami keguguran," tutur Ernawati.

Jika dipaksa melakukan perjalanan jauh, lanjutnya, akan semakin meningkatkan risikonya. Apalagi jika mengalami dehidrasi selama perjalanan.

Pada trimester terakhir pun demikian. Pada usia kehamilan di atas 36 minggu ini, tutur Ernawati, sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh seperti mudik.

Rata-rata, lanjutnya, persalinan terjadi pada Minggu ke 38 atau 39. Kalau sering kontraksi, bisa maju di 37 minggu.

"Kalau sudah mendekati persalinan, apalagi kalau sudah ada tanda-tanda kontraksi, tidak disarankan mudik karena bisa meningkatkan risiko melahirkan di tengah perjalanan," Ernawati memaparkan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved