Mudik Lewat Jember, Waspadai Jalur Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dan Pohon Tumbang

Pemudik yang melewati Jember sebaiknya mewaspadai beberapa jalur di Jember. Polisi memetakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas dan pohon tumbang.

Mudik Lewat Jember, Waspadai Jalur Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dan Pohon Tumbang
ist
Jalur Gunung Gumitir sempat macet saat ada truk macet 

SURYA.co.id | JEMBER - Pemudik yang melewati Jember sebaiknya mewaspadai beberapa jalur di Jember. Polisi memetakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas, juga jalur rawan pohon tumbang dan tanah longsor.

Jalur rawan kecelakaan lalu lintas mulai dari Patemon, Kecamatan Tanggul sampai ke Bangsalsari dan Rambipuji.

Jalur nasional yang melewati tiga kecamatan ini merupakan penghubung Jember - Surabaya/Malang/Lumajang atau berada di sisi barat pusat Kota Jember.

Jalur ini memiliki karakter yang lurus, namun di sisi kanan - kirinya dipadati permukiman penduduk. Banyak ditemukan persimpangan jalan di jalur tersebut.

Khusus di jalur yang melintasi Kecamatan Bangsalsari, ditemukan beberapa titik rawan kemacetan.

"Juga kalau hujan deras rawan terjadi luapan air ke jalan raya. Jadi pemudik atau pengendara harus berhati-hati di jalur tersebut," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Jember Kompol Harwiyono, Kamis (30/5/2019).

Pantauan Mudik Jalur Trenggalek-Ponorogo KM 16-18, Jalan Mulus dan Potensi Longsor Terminimalisir

Sementara itu untuk jalur yang rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor adalah jalur Gunung Gumitir di Kecamatan Silo.

Jalur ini berada di sisi timur pusat Kota Jember yang menghubungkan Jember dengan Banyuwangi dan Pulau Bali. Saat masa mudik seperti sekarang, pemudik memakai sepeda motor dari arah Bali banyak ditemui melintasi jalur ini.

Tidak sedikit pemudik yang beristirahat di beberapa warung dan pos istirahat yang berdiri di jalur tersebut. Pemudik dari arah Bali biasanya mengendarai sepeda motor berplat nomor DK (Bali).

Di jalur tersebut, Harwiyono, meminta pemudik mewaspadai pohon tumbang dan tanah longsor. "Untuk jalur yang rawan pohon tumbang dan tanah longsor ada di Gumitir. Kami imbau pengendara berhati-hati," imbuh Harwiyono.

Selain itu, jalur yang berkelok juga harus diwaspadai pengemudi, apalagi kendaraan angkutan berat juga melewati jalur tersebut.

Dari pengamantan Surya, jika terjadi kendaraan macet di jalur itu, bisa memicu kemacetan arus lalu lintas. Jika itu terjadi, biasanya petugas memberlakukan sistem buka tutup dari dua arah berlawanan.

Pemandangan ini seperti terjadi pada Rabu (29/5/2019) saat sebuah truk macet di jalur itu akibat as roda patah. Akibatnya kemacetan tidak terhindarkan, dan pengendara dari dua arah harus bergantian melewati titik di mana truk tersebut macet.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved