Grahadi

Berita Surabaya

Madura Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Syariah dan BPWS Diubah Jadi BPWM

Pemrov Jatim sedang getol direalisasikan adalah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Madura.

Madura Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Syariah dan BPWS Diubah Jadi BPWM
Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono berbincang usai paparan Laporan 99 Hari Keraja Khofifah Emil di Gedung Grahadi, Selasa (28/5) malam. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah melewati 99 hari pertama bekerja, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan pihaknya akan terus melakukan kerja-kerja strategis dan fokus pada penyusunan RPJMD.

Pemrov Jatim sedang getol direalisasikan adalah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Madura. Islamic Science Park yang ia gagas di Madura bakal menjadi magnet menarik potensi wisata syariah dunia.

"Kami sudah komunikasikan ini dengan Menko Perekonomian. Kami berharap Islamic Science Park bakal menjadi bagian dari KEK Syariah. Kalau jadi, KEK Syariah ini akan menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia," kata Khofifah saat jumpa pers terkait pencapaian 99 Hari Kerja Khofifah Emil di Grahadi, Rabu (30/5/2019) dini hari.

Total luas lahan yang dibutuhkan untuk KEK Syariah ini adalah sekitar 101 hektar. Sedangkan saat ini Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) saat ini sudah memiliki lahan seluas 40 hektar.

Tahun ini proses pengadaan lahan masih akan dilakukan guna bisa menyediakan lahan yang cukup untuk rencana strategis ini.

Khofifah menyebut untuk mempercepat realisasi rencana ini, wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu menyebut sudah bertemu dengan Deputi Menteri khusus KEK.

Dan keduanya sudah sepakat untuk melakukan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Madura dengan berbasis industri.

"Dan hasilnya setelah kami juga komunikasikan dengan Menko Perekonomian dan juga Menteri PU Salah satu yang disetujui adalah BPWS akan berubah menjadi BPWM atau Badan Pengembangan Wilayah Madura," tegas Khofifah.

Dalam penyampaian perubahan BPWS menjadi BPWM itu dikatakan Khofifah ada tiga hal usulannya yang disetujui dan bakal merubah struktur dan pola kerja BPWS yang saat ini ada.

Pertama Khofifah meminta agar seluruh bupati Madura masuk dalam kepengurusan BPWM nantinya. Dan usulan tersebut sudah disetujui.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved