Berita Pasuruan

Luasan RTH Tak Ideal, Ini yang akan Dilakukan DLH Kabupaten Pasuruan

DLH Kabupaten Pasuruan mendorong RT/RW untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman di lingkungannya masing-masing.

Luasan RTH Tak Ideal, Ini yang akan Dilakukan DLH Kabupaten Pasuruan
surabaya.tribunnews.com/galih lintartika
Ilustrasi taman - Kapolsek Nongkojajar, AKP Akhmad Shukiyanto bersama anggotanya saat menyiram bunga krisan di taman belakang polsek. 

SURYA.co.id| PASURUAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan mendorong Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungannya masing-masing.

Dorongan itu dilakukan setelah melihat minimnya ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Pasuruan, bahkan semakin tahun semakin tipis. Kepala Bidang Lingkungan DLH Kabupaten Pasuruan, Tri Mahendra, menyampaikan selain inventarisir RTH, pihaknya juga getol dalam mensosialisasikan pembuatan taman.

Dijelaskan, langkah ini ditujukan, agar semakin banyak taman dibuat sehingga mendorong terealisasinya peningkatan RTH di Kabupaten Pasuruan.

"Kami berusaha, agar RTH perkotaan di wilayah Kabupaten Pasuruan meningkat," katanya, Selasa (28/5/2019) siang.

Ia menguraikan, dengan luasan yang ada, kawasan RTH di Kabupaten Pasuruan masih minim. Karena, masih jauh dari target ideal, seluas 20 hektare dari luasan wilayah.

Luasan wilayah Kabupaten Pasuruan, kurang lebih 144 ribu hektare. Idealnya, ada 28 ribu hektare RTH.

Kenyataannya, luasan RTH di Kabupaten Pasuruan tak sampai 5 persen.

Hal inilah yang akan disikapi, dan membuat program tamanisasi.

Tamanisasi itu, tidak hanya dilakukan Pemkab.

Butuh dukungan dari masyarakat untuk merealisasikannya.

"Kami mendorong agar di setiap RT dan RW bisa terbentuk taman. Dengan jumlah RT dan RW yang mencapai 10 ribu lebih, target ideal RTH di Kabupaten Pasuruan tidak menutup kemungkinan bisa terwujud," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved