Sambang Kampung RT 6 RW 5 Pucang Sewu

Halaman Rumah Warga Terlihat Indah dengan Berbagai Taman dan Tanaman Hijau

Kondisi kampung area RT 6 RW 5 Kelurahan Pucang Sewu, Gubeng terlihat indah dengan berbagai taman dan tanaman hijau.

Halaman Rumah Warga Terlihat Indah dengan Berbagai Taman dan Tanaman Hijau
surya.co.id/sulvi sofiana
Suasana kampung RT 6 RW 5 Kelurahan Pucang Sewu, Gubeng, meskipun sempit terlihat rindang dan asri. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kawasan Jalan Kalibokor I dan Kalibokor II merupakan perkampungan dengan jalan selebar 1,5 meter.

Namun, kondisi kampung area RT 6 RW 5 Kelurahan Pucang Sewu, Gubeng terlihat indah dengan berbagai taman dan tanaman hijau yang ada di setiap depan rumah warga. Baik yang berada di pot bawah maupun pot gantung di dindidng-dinding bagian luar rumah warga.

Ketua RT 6, Endang Nawaningrum mengungkapkan hampir semua warganya memiliki kegemaran menanam tanaman hias. Sehingga gang kampungnya yang sempit nampak rindang dan asri.

"Memang kebiasaan warga suka menanam tanaman hijau depan rumahnya, sampai akhirnya kami ajukan ke tingkat kelurahan supaya bisa ikut lomba kebersihan,"urainya.

Gayungpun bersambut, kebiasaan warga dalam menjaga lingkungannya dengan beragam tanaman hias layaknya taman telah membuat kampungnya bisa mengikuti rangkaian lomba kebersihan yang diadakan pemerintah Kota Surabaya.

Wargapun mulai berbenah meningkatkan kualitas kampungnya. Dengan rutin bekerja bakti dna menghias kampung di setiap peringatan kemerdekaan.

"Dananya swadaya, kami mulai mengecat dan mendekorasi dinding rumah warga yang kosong dengan gambar-gambar yang disukai anak-anak,"lanjutnya.

Selain itu, ibu-ibu di kampungnya dikatakan Endang cukup cerewet masalah kebersihan. Sehingga setiap ada warga yang rumahnya tidak terawat atau membuang sampah sembarangan selalu menjadi sasaran omelan ibu-ibu di kampung.

Riki Jaya Saputra, anggota karang tatuna kampung menambahkan warga kampungnya baik bapak-bapak, ibu PKK hingga anak muda kompak menjaga lingkungan kampungnya.

"Anak kartar memang ada yangvkukiah, kerja atau sekolah. Tetapi kalau waktunya kerja bakti, biasanya di chat grup dan sering kumpul di depan rumah bu RW,"ujarnya.

Hasil kerja bakti warga terlibat dari hijaunya dekorasi cat kampung. Bahkan di jalan Kalibokor I, warga memiliki halaman yang lebih luas di depan rumahnya untuk dijadikan taman.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved