Citizen Reporter

Persiapan Lahir Batin Pernikahan, UM Gelar Seminar Jiwa Muda Sambut Pernikahan Impian

Seminar yang mengambil tema Menyiapkan jiwa Muda untuk Terciptanya Pernikahan Impian itu dilaksanakan di Gedung E1 Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Persiapan Lahir Batin Pernikahan, UM Gelar Seminar Jiwa Muda Sambut Pernikahan Impian
foto: istimewa
Seminar mengambil tema Menyiapkan Jiwa Muda untuk Terciptanya Pernikahan Impian di Gedung E1 Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Senin (25/3/2019). 

MENYATUKAN dua hubungan yang berbeda untuk saling melengkapi merupakan sarana untuk mencapai tujuan pernikahan yang sakinah mawaddah warrohmah.

Saling melengkapi dan menghargai perasaan dari masing-masing pasangan serta tidak saling membesarkan ego dalam hubungan menjadi salah satu kuncinya.

Oleh karena itu, mempersiapkan pernikahan dengan baik, mulai dari kesiapan lahir maupun kesiapan batin sangat diperlukan. Itu seperti yang muncul dalam kegiatan seminar pranikah yang diselenggaarakan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang (UM).

Seminar yang mengambil tema Menyiapkan jiwa Muda untuk Terciptanya Pernikahan Impian itu dilaksanakan di Gedung E1 Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Senin (25/3/2019).

Seminar diikuti mahasiwa S1, S2, dan S3 UM, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, dan mereka yang sudah bekerja.

Materi dalam seminar disampaikan Umi Dayati, pemateri sekaligus motivator tingkat ASEAN.

Gaya penyampaian yang sangat unik, interaktif, dan menyenangkan itu membuat peserta begitu antusias mengikuti seminar pranikaht.

Mereka aktif bertanya mulai dari pertanyaan mengenai dilema memilih antara menikah muda atau melanjutkan pendidikan, pernikahan karena perjodohan, sampai pertanyaan mengenai pernikahan adat.

Penyampaian materi selama satu jam itu diisi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah, mulai dari persiapan secara fisik, psikis, serta persiapan secara finansial.

Selain itu juga disampaikan materi mengenai problem yang terjadi dalam pernikahan, serta materi mengenai mengatasi problem dalam pernikahan.

Menurut Husnawati, salah satu panitia, mereka berharap peserta yang mengikuti seminar dapat memiliki gambaran hal-hal yang perlu disiapkan ketika memutuskan untuk melakukan pernikahan. Persiapan itu baik secara biologis, psikis, maupun finansial.

“Di tempat ini kita dapat belajar dan memotivasi diri serta dapat memberikan wawasan sebagai tolok ukur untuk melangkah ke depannya,” kata Winda, salah satu peserta.

Nur Wahyuni
Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Malang
nurwahyuni825@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved