Berita BUMN

Gandeng Indonesia Chef Association, Tim Reaksi Cepat PLN Suplai Makanan untuk Daerah Bencana

Tim Reaksi Cepat PLN (TRC PLN) menggandeng Indonesian Chef Association (ICA) melaksanakan misi kemanusiaan di daerah terdampak bencana di tanah air.

Gandeng Indonesia Chef Association, Tim Reaksi Cepat PLN Suplai Makanan untuk Daerah Bencana
foto: istimewa
Tim Reaksi Cepat PLN (TRC PLN) bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) saat melaksanakan misi kemanusiaan di daerah terdampak bencana. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Tim Reaksi Cepat PLN (TRC PLN) menggandeng Indonesian Chef Association (ICA) melaksanakan misi kemanusiaan di daerah terdampak bencana di tanah air. Bantuan berupa pencarian korban bencana hingga pendirian dapur umum.

Tim diinisiasi Direksi PLN tersebut menggelar  misi kemanusiaan tidak hanya terhadap korban, tetapi juga untuk para relawan yang berkerja siang malam didaerah bencana tersebut. 

Hal ini dilakukankarena di daerah bencana, para relawan membutuhkan asupan gizi yang semestinya sangat baik, karena pekerjaan mereka sangat berat dan kerap kali melampaui beban kerja di masa normal.

“Di daerah terdampak bencana, para relawan kerap kali bekerja tak kenal lelah dan tak ingat waktu. Pada titik itu mereka rentan mengalami kelelahan berat. Untuk mereka membutuhkan asupan gizi seimbang selain istirahat cukup,” ujar Shanty Dewi Nurhayani, anggota Indonesian Chef Association (ICA) yang berdomisili di Garut, Jawa Barat sekaligus pengusaha katering dengan nama Pawon Basadjan yang juga berlokasi di Garut, Jawa Barat.

“Ketika berada di daerah bencana, memang makanan yang tersedia untuk relawan kondisinya ala kadarnya, yang penting ada. Ini yang kurang baik karena bisa berdampak pada kesehatan para relawan maupun masyarakat korban bencan,” imbuh Dewi.

Untuk itu ICA, yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, anggotanya kerap terjun ke lokasi bencana alam untuk membantu organisasi, baik pemerintah, sosial maupun swasta untuk mengelola dapur umum yang digelar berbagai institusi tersebut.

Kerjasama ICA dengan TRC PLN

Dewi memaparkan, salah satu pihak yang kerap bekerja sama dengannya selaku anggota ICA adalah Tim Reaksi Cepat PLN

TRC PLN sendiri tugasnya adalah mencari dan mengevakuasi korban bencana. Jika tidak melakukan SAR, maka TRC PLN bertugas men-support makanan untuk tim pemulihan infrastruktur listrik PLN maupun badan koordinator bencana lain, dan juga masyarakat terdampak bencana.

“TRC PLN benar-benar menginginkan makanan bernutrisi lengkap dan dengan rasa yang sesuai dengan cita rasa lokal daerah tersebut. Ini membuat kami kagum dengan komitmen TRC PLN yang sepenuh hati,” ujar Dewi.

Halaman
12
Penulis: Yoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved