Menduga Suara Ada yang 'Hilang', Caleg Demokrat di Jombang Gugat KPU ke MK

Seorang calon anggota legislatif (caleg) Jombang bernama Zahrul Jihad menggugat KPU terkait hasil pemilu legislatif (Pileg) ke Mahkamah Konstitusi

Menduga Suara Ada yang 'Hilang', Caleg Demokrat di Jombang Gugat KPU ke MK
sorotklaten.co
Ilustrasi surat suara 

SURYA.co.id | JOMBANG - Seorang calon anggota legislatif (caleg) Jombang bernama Zahrul Jihad  menggugat KPU terkait hasil pemilu legislatif (Pileg) ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Gugatan dilakukan melalui atau atas nama parpol yang menaungi pria yang akrab dipanggil Gus Heri itu, yakni Partai Demokrat (PD).

Gugatan tersebut sudah dilayangkan ke MK beberapa hari lalu.

Gugatan ini dilayangkan karena Gus Heri menduga sejumlah suara yang diperolehnya 'hilang' ketika proses rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Jombang dan jajarannya.

Sehingga total perolehan suara yang diperolehnya kalah dengan dibanding perolehan suara rekan caleg satu parpol dengan Gus Heri, yakni atas nama Dian Ayunita Prasstumi. Perolehan Gus Heri terpaut dua angka dengan Dian Ayunita.

"Ini mengakibatkan Gus Heri, caleg nomor urut 2 dari daerah pemilihan 1 (Jombang - Peterongan) gagal menjadi anggota DPRD Jombang periode 2019-2024," kata Solikhin Ruslie, kuasa hukum Gus Heri, kepadfa Surya.co.id, Minggu (26/5/2019).

Menurut Solikhin nRuslie, yang dipersoalkan adalah Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), tepatnya pada kesalahan penghitungan caleg kabupaten dapil Jombang 1.

"Dan sekarang gugatan sudah masuk di MK. Tinggal menunggu jadwal persidangannya saja," tambah Solikhin Ruslie. Solikhin Ruslie optimistis uapayanya ini akan berhasil dan kliennya bisa dilantik menjadi anggota DPRD periode 2019-2014.

Namun Solikhin enggan merinci di mana kesalahan penghitungannya dan barang bukti apa yang disertakan dalan berkas gugatan itu.

Dia hanya mengatakan, jalur yang dipilih kliennya ini, selain mengegolkan kliennya menjadi anggota DPRD, juga agar bisa dijadikan pelajaran bagi penyelenggara Pemilu, termasuk pengawas, maupun para saksi, agar ke depan lebih cermat

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved