Berita Pamekasan

Bupati Baddrut Tamam Minta ASN di Pamekasan Pakai Batik Khas Pamekasan Saat Lebaran

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam meminta seluruh ASN dan elemen masyarakat Pamekasan agar mengenakan busana batik khas Pamekasan saat lebaran

Bupati Baddrut Tamam Minta ASN di Pamekasan Pakai Batik Khas Pamekasan Saat Lebaran
surabaya.tribunnews.com/muchsin
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat memberikan santunan kepada anak-anak di sela Safari Ramadan. 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Setelah sukses membranding batik khas Pamekasan di seluruh mobil dinas di lingkungan Pemkab Pamekasan, kini Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan elemen masyarakat Pamekasan agar  mengenakan busana batik khas Pamekasan saat berlebaran.

Permintaan Bupati Baddrut Tamam ini disampaikan  dalam Safari Ramadhan di sejumlah kecamatan, termasuk di Kecamatan Galis, Kecamatan Pademawu dan Kecamatan Proppo, Minggu (26/5/2019).

Selain dalam Safari Ramadhan, penegasan berbatik di hari raya, juga dituangkan dalam surat edaran (SE) Bupati, Nomor: 003/167.1/432.012/2019 tentang Pemakaian Busana Batik Saat Lebaran.

SE itu ditujukan kepada Kepala Dinas/ Badan, Camat/Lurah, serta pimpinan BUMD/BUMN, serta para kepala sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK/MA se Pamekasan itu, berisi imbauan tentang pemakaian busana batik.

Dalam SE itu, isinya kepada seluruh masyarakat Pamekasan pada tanggal 1 Syawal sampai 2 Syawal 1440 Hijriah, memakai busana batik tulis Pamekasan, baik pada saat melaksanakan salat Id atau maupun saat bersilaturrahman dengan kerabat dan sanak familinya.

“Ini sebagai wujud rasa syukur dan memiliki terhadap Kabupaten Pamekasan, serta memberikan suasana baru di saat berlebaran, juga demi menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi perajin batik Pamekasan. Batik ini merupakan produk lokal Pamekasan. Dengan memakai busana batik, maka di satu sisi, kita membantu masyarakat perajin batik di Pamekasan," kata Baddrut Tamam.

Selanjutnya bupati mengatakan, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Camat dan Lurah di Kabupaten Pamekasan hendaknya memberi contoh untuk mengenakan busana batik tulis. Sehingga imbauan yang disampaikan pemerintah mudah diikuti masyarakat Pamekasan.

Sebagai bentuk kecintaannya terhadap batik tulis Pamekasan, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja'e bahkan memberikan contoh secara langsung dengan mengenakan busana batik tulis, selama kegiatan Safari Ramadhan yang digelar di berbagai kecamatan di Pamekasan.

Bahkan bupati dan wakil bupati juga memakai sarung batik tulis hasil kerajinan warga Pamekasan, termasuk sejumlah OPD yang mengikuti kegiatan Safari Ramadhan.

“Semua pimpinan OPD yang memakai sarung batik tulis Pamekasan, tolong berdiri," kata Baddrut Tamam saat acara Safari Ramadhan di Kecamatan Pademawu, Sabtu (25/5/2019) malam.

Halaman
12
Penulis: Muchsin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved