Penyebar Kabar Anggota Brimob Asal China Diringkus, Pelaku Ungkapkan Tujuannya Sebarkan Hoaks

Sempat viral dan menjadia buruan netizen foto-foto anggota Brimob bermata sipit yang sempat viral dalam aksi 22 Mei 2019 karena dicurigai asal China

Penyebar Kabar Anggota Brimob Asal China Diringkus, Pelaku Ungkapkan Tujuannya Sebarkan Hoaks
media sosial
Tangkapan layar kabar adanya polisi dari China. 

SURYA.co.id - Sebelumnya, sempat viral dan menjadia buruan netizen foto-foto anggota Brimob bermata sipit yang sempat viral dalam aksi 22 Mei 2019 karena dicurigai asal China.

Pihak kepolisian pun angkat bicara setelah beredar foto anggota Brimob bermata sipit viral di media sosial seusai demo di depan Bawaslu, Rabu (22/5/2019).

Dalam foto yang beredar, tampak 3 polisi yang memakai penutup wajah dan seolah-olah disebut berasal dari China karena dinilai memiliki mata sipit.

Di frame lain, para polisi tersebut diisukan berkomunikasi dengan bahasa China.

Polri menepis tuduhan tersebut. Polri menegaskan semua personel Brimob yang dikerahkan adalah WNI.

"Banyak foto dan anggota Polri bahwa pasukan dari negeri seberang yang bermata sipit. Kalau dilihat, saya sipit juga. Ini tidak ada, kita bantah. Murni bahwa itu personel Brimob WNI," ujar Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Tapi tahukan anda siapa penyebar kabar soal nggota Brimob bermata sipit?

Dikutip dari artikel Kompas.com dengan judul “Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Ada Anggota Brimob dari China”, pelaku SDA mengakui perbuatannya setelah diringkus Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

SDA mengakui menyebarkan berita bohong perihal adanya personel Brimob dari China saat mengamankan demonstrasi protes terhadap hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019.

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Rickynaldo Chairul menuturkan, tersangka berinisial SDA sudah mengakui perbuatannya.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved