Berita Sidoarjo

Jaga Lokasi Rawan Tindak Kriminal saat Lebaran, Polresta Sidoarjo Sebar Petugas Tak Berseragam

Polresta Sidoarjo akan mengamankan sejumlah lokasi yang masuk kategori rawan kriminalitas ketika musim mudik Lebaran

Jaga Lokasi Rawan Tindak Kriminal saat Lebaran, Polresta Sidoarjo Sebar Petugas Tak Berseragam
surya/m taufik
Ilustrasi - Petugas gabungan Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, Arhanudse, Pasmar, Satpol PP, Dishub, dan Banser GP Ansor Sidoarjo saat patroli menyisir sejumlah obyek vital di Kota Delta, Rabu (22/5/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Polresta Sidoarjo akan mengamankan sejumlah lokasi yang masuk kategori rawan kriminalitas ketika musim mudik Lebaran. Sejumlah lokasi itu antara lain rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik, pusat perbelanjaan, obyek vital, tempat-tempat wisata dan sejumlah pusat keramaian lain.

"Sistem pengamanannya bermacam-macam. Ada dengan patroli rutin, pengawasan terbuka, dan pengawasan atau pengamanan tertutup oleh petugas reskrim," kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Jumat (24/5/2019).

Pengamanan oleh Reskrim, disebutnya dengan menyebar petugas di berbagai titik rawan. Petugas yang melakukan pantauan dan pengamanan itu tidak mengenakan seragam polisi, layaknya petugas sabhara, lantas, dan sebagainya.

"Polsek-polsek, babinkamtibmas, dan semua pihak juga dilibatkan. Khususnya, masyarakat sekitar yang selalu kami ajak bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Sidoarjo," sambungnya.

Kerawanan yang ada di berbagai titik itu memang berbeda.

Rumah-rumah kosong potensinya menjadi sasaran pencuri, kemudian obyek vital seperti terminal dan sebagainya rawan copet dan aksi kriminalitas lain.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris, menambahkan pihaknya telah memetakan potensi-potensi kerawanan itu.

"Petugas kami siagakan di berbagai lokasi. Namun tentu, kami juga berkordinasi dengan Polsek dan satuan-satuan lain dalam pengamanan ini. Reskrim lebih cenderung melakukan pengamanan tertutup," imbuh Harris.

Di terminal misalnya, Reskrim turut memantau dan melakukan pencegahan terhadap aksi kriminalitas.

Jika terjadi sesuatu, pihaknya langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan, mengungkap peristiwa dan mencari pelakunya.

"Demikian halnya di kompleks perumahan yang ditinggal penghuninya, di pusat keramaian, perbelanjaan, dan sebagainya. Kami memantau dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," lanjut dia.

Harris berharap, masyarakat juga ikut aktif menjaga keamanan wilayahnya masing-masing.

Jika mengetahui hal-hal yang mencurigakan atau sebagainya, diharapkan segera melapor ke polisi.

"Supaya cepat ditindaklanjuti," pungkasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved