Berita Gresik

Dispendukcapil Gresik Dijatah 500 Blanko E-KTP Perminggu dan Dipakai untuk Pemula

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik hanya mendapat 500 blanko E-KTP setiap pekan dari pemerintah pusat.

Dispendukcapil Gresik Dijatah 500 Blanko E-KTP Perminggu dan Dipakai untuk Pemula
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi e-KTP 

SURYA.co.id | GRESIK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik hanya mendapat 500 blanko E-KTP setiap pekan dari pemerintah pusat. Blanko tersebut diperuntukkan khusus bagi para pemohon pemula.

Jika sebelumnya, warga yang pindah dan datang bisa mendapatkan blanko E-KTP. Kini aturan tersebut dirubah untuk mengakali kebutuhan E-KTP yang cukup minim di Kabupaten Gresik.

"Sekarang kita perketat lagi, yang boleh cetak hanya pemula saja, kalau kemarin kan yang pindah datang kan bisa, sekarang hanya pemula saja," ujar Kepala Dispendukcapil, Khusaini Jum'at (24/5/2019).

Untuk pemohon pindah dan datang pihaknya mensisasti dengan memberi surat keterangan (suket). Sebab, mereka telah memiliki KTP sebelumnya.

Lanjut Khusaini, sebanyak 500 keping hanya bertahan selama empat hari saja. Pihaknya harus bolak-balik ke Jakarta setiap pekan untuk mengambil blanko tersebut.

"Kalau laporan dari Hari kamis kemarin tinggal 427 dengan sisa yang lama minggu kemarin," jelasnya.

Pihaknya selama ini telah mengajukan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait kebutuhan blanko E-KTP sebanyak 10.000 keping.

"Kita setiap selasa ke Jakarta membawa surat itu, tapi yang di acc hanya 500 keping," tutupnya.

Sebelumnya Dispendukcapil mendapat 1.500 blanko E-KTP setiap minggunya dari pemerintah pusat sebelum pemilu serentak 2019.

Pada awal Mei, jumlah blanko yang diterima menurun menjadi 1.000 keping saja setiap minggu.

Kini jumlahnya menyusut hingga dua kali lipat, yakni 500 keping blanko E-KTP untuk memenuhi kebutuhan sepekan.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved