Berita Bojonegoro

564.000 Rumah di Jatim Belum Tersambung Listrik, Gubernur Khofifah: 2021 Terelektrifikasi Semua

167 KK di Bojonegoro mendapatkan bantuan elektrifikasi instalasi listrik rumah tangga dari Pemprov Jatim.

564.000 Rumah di Jatim Belum Tersambung Listrik, Gubernur Khofifah: 2021 Terelektrifikasi Semua
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyalakan miniature circuit breaker (MCB) listrik di rumah Lami dan Sunarti warga Desa Pesen Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Jumat (24/5/2019). 

Pasangan kakek-nenek Lami dan Suratin tersenyum girang ketika Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyalakan miniature circuit breaker (MCB) listrik di gubug rumahnya di Desa Pesen Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Jumat (24/5/2019).

Ini menjadi kali pertama rumah mungil mereka bisa mendapatkan aliran listrik. Sebelumnya, rumah Lami bisa mendapatkan aliran listrik dengan menyambungkan alian listrik dari rumah tetangga di sampingnya.

Tak jarang rumah milik mereka sering padam aliran listriknya jika kabelnya tidak terawat. Korslet juga menjadi risiko yang harus mereka tanggung lantaran tidak memiliki suplai aliran listrik sendiri.

SURYA.co.id | BOJONEGORO - "Alhamdulillah. Ini berkah rumah kami bisa dapat listrik. Biasanya ya disumbang kabel listrik dari tetangga. Kalau samping mati ya kami juga nggak dapat listrik," kata Lami.

Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemprov Jatim dan Gubernur Khofifah yang bahkan secara langsung menyapa dan memberikan instalasi listrik di rumahnya.

"Terima kasih bu Khofifah. Saya ini tinggalnya ya berdua. Anak cucu sudah rumah sendiri, meskipun rumah jelek begini yang penting nggak merepotkan," kata Lami.

Lami dan Suratin adalah satu di antara 95 KK di Desa Pesen Kecamatan Kanor dan sebanyak 72 KK di Desa Kasiman Kecamatan Kasiman di Kabupaten Bojonegoro yang mendapatkan bantuan elektrifikasi instalasi listrik rumah tangga dari Pemprov Jatim.

Selain di Bojonegoro, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan elektrifikasi di Kabupaten Situbondo sebanyak 320 KK, lalu di Kabupaten Bondowoso sebanyak 150 KK, di Kabupaten Trenggalek sebanyak 200 KK dan di Kabupaten Pacitan sebanyak 200 KK.

"Saat ini masih ada 564 ribu rumah warga di Jawa Timur yang belum terelektrifikasi. Dalam rencana umum energi daerah, kami menarget tahun depan rasio elektrifikasi Jawa Timur mencapai 98 persen dan tahun 2021 sudah terelektrifikasi semuanya," kata Khofifah.

Pencapaian target elektrifikasi tersebut dikatakan Khofifah akan lebih cepat tercapai jika turut dibantu oleh CSR masing-masing BUMN yang dekat dengan Bojonegoro.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved