Berita Magetan

Lebih Dekat dan Mudah Bayar Pajak Kendaraan, Polres Magetan Luncuran Samdes di Kantor Desa Wates

"Samdes ini bentuk kerjasama Polri, Bapenda, Bank Jatim, Jasa Raharja untuk mempermudah wajib pajak memenuhi kewajibannya."

Lebih Dekat dan Mudah Bayar Pajak Kendaraan, Polres Magetan Luncuran Samdes di Kantor Desa Wates
surya.co.id/doni prasetyo
Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai menyaksikan warga membayar pajak kendaraan bermotor di mobil Samsat Desa (Samdes) dihalaman Kantor Desa Wates, Kamis (23/5/2019). 

SURYA.co.id | MAGETAN - Wajib pajak kendaraan bermotor (ranmor) saat ini tidak perlu lagi bersusah payah pergi dari desanya hanya untuk membayar pajak motor dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK), cukup di Samsat Desa (Samdes), wajib pajak bisa terlayani dengan cepat dan tepat.

"Sesuai pengakuan Bapak wajib pajak yang barusan bayar di Samdes, merasa senang, tidak perlu harus ganti pakaian, sediakan uang parkir dan uang jajan. Tinggal jalan kaki, pulang dari sawah langsung bayar pajak motornya di Samdes, cepat, hemat, dan tepat," kata Kapolres Magetan Muhammad Riffai saat menghadiri peluncuran Samdes di halaman Kantor Desa Wates, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Kamis (23/5).

Dikatakan Kapolres Riffai, ini merupakan kerjasama Polri dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim untuk mempermudah wajib pajak membayar pajak kendaraan bernotornya baik roda dua dan roda empat atau lebih.

"Samdes ini bentuk kerjasama Polri, Bapenda, Bank Jatim, Jasa Raharja untuk mempermudah wajib pajak memenuhi kewajibannya. Semakin dekat semakin antusias wajib pajak membayar pajaknya, karena mudah, cepat, tidak mengantri berlama lama,"kata Kapolres Muhammad Riffai.

Dalam peluncuran Samde, selain di hadiri Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai, Kepala Bapenda Provinsi Jatim Boedi Prijo S, Kepala UPT Bapenda Provinsi Jatim di Magetan Ny Indah Isminarti "Denok", juga Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan Joko Trihono, serta pejabat kecamatan dan desa setempat.

Menurut Kapolres Magetan, layanan Samde sementara ini baru berada di tiga desa dengan jadwal setiap bulannya untuk Minggu pertama Desa Bogoarum, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Minggu Kedua dan Ketiga di wilayah Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan di Desa Bedagung, dan Desa Wates.

"Bukan masyarakat tidak mau membayar pajak, tapi karena kesibukannya, kadang saat tiba waktunya harus bayar pajak kendaraan bermotornya, jadi lupa. Tapi dengan adanya Samde, kita jemput bola, dan kita lebih mendekatkan diri kepada wajib pajak dan mempermudah memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan transparan,"jelas AKBP Riffai.

Kepala Bapenda Provinsi Jatim Boedi Prijo S, menyebutkan untuk pengumpulan pajak kendaraan bermotor secara nasional, Provinsi Jatim masuk nominasi terbaik sebagai pengumpul pajak kendaraan bermotor, ini karena berbagai inovasi yang diluncurkan untuk semakin mendekatkan diri dengan wajib pajak.

"Di Jatim Bapenda salah satu yang nasuk nominasi pengumpul pajak terbaik, diantara UPT Magetan dengan Samde yang inovasinya ceoat ditangkap Kepala UPT Magetan Ibu Indah ini. Sementara memang baru bisa dijangkau tiga desa, kedepannya bisa dijangkau desa desa lain, secara bertahap," pungkas Boedi Prijo menjelang pengguntingan pita peluncuran Layanan Samde oleh Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai. 

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved