BI Minta Masyarakat Hati-hati Gunakan VPN Untuk Transaksi Perbankan via Internet

Hestu mengingatkan masyarakat berhati-hati menggunakan VPN ini, terutama jika untuk bertransaksi Perbankan seperti internet banking.

BI Minta Masyarakat Hati-hati Gunakan VPN Untuk Transaksi Perbankan via Internet
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Kepala BI Jember Hestu Wibowo (depan) melihat layanan perbankan keliling 

SURYA.co.id | JEMBER - Transaksi layanan perbankan melalui aplikasi berbasis internet atau online tidak terpengaruh dengan pembatasan akses pada media sosial di Indonesia. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Hestu Wibowo meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kalau kaitannya dengan jaringan Perbankan (internet banking, mobile), tidak ada hubungan. Karena (yang dibatasi) kan jaringan media sosial. Jaringan Perbankan beda. Jadi tidak ada hubungan. Dan masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Hestu, Kamis (23/5/2019).

Sejauh ini, lanjut Hestu, tidak ada keluhan dari masyarakat adanya gangguan layanan Perbankan berbasis internet atau online.

Hestu mengakui paska pembatasan akses ke media sosial, berkembang diskusi pemakaian Virtual Private Network (VPN) untuk bisa mengakses gambar dan video di media sosial. Hestu mengingatkan masyarakat berhati-hati menggunakan VPN ini, terutama jika untuk bertransaksi Perbankan seperti internet banking.

Menurut Hestu, tujuan VPN adalah mengubah server dari Indonesia menjadi negara lain yang tidak diblokir Kementerian Komunikasi dan Informasi, sehingga bisa membuka semua sosial media tanpa pembatasan seperti di Indonesia. Mengunduh VPN gratis terpapar risiko pencurian data pribadi, termasuk data perbankan.

"Untuk amannya, juga tidak urgent banget sebaiknya jangan pake VPN. Dengan teknologi sekarang ini, apa saja bisa mungkin terjadi. Yang katanya aman, bisa aja di-hack data pribadi kita," tegas Hestu.

Dari pengalaman Hestu paska pembatasan akses media sosial, layanan ke mobile dan internet banking tidak bermasalah.

Dari penelusuran Surya di beberapa aplikasi layanan berbasis internet juga tidak bermasalah pada Kamis (23/5/2019).

Surya mencoba aplikasi KAI Access untuk melayani pembelian tiket kereta api. Tidak ada gangguan untuk layanan tersebut. Begitu pun saat pembayaran memakai internet banking, juga tidak bermasalah.

Sementara di sisi lain sampai Kamis (23/5/2019) akses pada media sosial masih dibatasi bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Sejumlah orang tidak bisa mengakses akun pribadinya di facebook dan instagram. Sedangkan untuk aplikasi percakapan WhatsApp hanya bisa mengakses layanan pesan atau teks, tidak untuk foto, video, dan file dokumen.

Rusdi, seorang pemakai layanan aplikasi perbankan sempat khawatir. Istrinya kerap bertransaksi barang secara online. Pembayaran dilakukan secara online.

"Dalam sebulan bisa 50 kali transaksi online karena istri kulakan barang lewat online. Pembayaran pakai internet banking. Kalau ada penjelasan jika layanan perbankan aman, jadi tenang tidak perlu khawatir," ujar Rusdi.

Mengakses WhatsApp (WA) Error Pakai VPN, Begini Kata Pemerhati Telekomunikasi Surabaya Henry SW

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved