Ramadan 2019

Begini Cara Mendapat Ampunan Allah SWT saat Malam Lailatul Qadar Sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW

Lailatul Qadar (Malam Penetapan) menjadi salah satu momen di bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Muslim untuk mencari ampunan.

Begini Cara Mendapat Ampunan Allah SWT saat Malam Lailatul Qadar Sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW
Tribun Bogor
Ilustrasi - cara mendapatkan ampunan Allah SWT saat Malam Lailatul Qadar Ramadan 1440 Hijriah Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lailatul Qadar (Malam Penetapan) menjadi salah satu momen di bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Muslim untuk mencari ampunan.

Pada buku Ringkasan Sahih Muslim Penyusun Zaki Al-din 'abd Al-azhim Al-mundziri (hal 352), Nabi Muhammad SAW menyampaikan waktu Lailatul Qadar terjadi pada 'sepuluh malam terakhir Bulan Ramadan, pada malam kesembilan, ketujuh, dan kelima'. Maksud dari malam kesembilan, ketujuh, dan kelima ini adalah apabila Ramadan sudah sampai pada 21 malam.

Lantas bagaimana cara mendapatkan ampunan pada momen Lailatul Qadar? Dalam Hadist Shahih Bukhari 1768 atau versi Fathul Bari (1901) bab Shaum (puasa) dijelaskan sebagai berikut :

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Hisyam, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Abu Salamah dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang menegakkan lailatul qadar (mengisi dengan ibadah) karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya, dan barangsiapa yang melaksanakan shaum Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya".

Sebagaimana disebutkan dalam hadist tersebut, menjalankan ibadah selama Lailatul Qadar serta puasa Ramadan dengan hanya mengharap pahala dari Allah SWT adalah cara untuk mendapatkan ampunan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved