Berita Jember

Masyarakat Serbu Mobil Kas Keliling di Alun - Alun Jember untuk Lakukan Hal ini

Sejumlah warga nampak tidak sabar menunggu pembukaan layanan. Sebelum mereka mendatangi mobil kas keliling, mereka diatur oleh petugas kepolisian.

Masyarakat Serbu Mobil Kas Keliling di Alun - Alun Jember untuk Lakukan Hal ini
surya.co.id/sri wahyunik
Suasana penukaran uang baru di Alun-Alun Jember mulai Rabu (22/5/2019) sampai Jumat (24/5/2019). 

Surya.co.id |JEMBER -  Penukaran pecahan uang baru di hari pertama di Alun-Alun Jember diserbu masyarakat, Rabu (22/5/2019). Penukaran pecahan baru uang itu digelar oleh Bank Indonesia (BI) Jember dan Perbankan di Jember.

Sembilan mobil kas keliling melayani penukaran tersebut. Penukaran di Alun-Alun Jember dilakukan selama enam hari, mulai Rabu (22/5/2019) sampai Jumat (24/5/2019) dan Senin (27/5/2019) sampai Rabu (29/5/2019).

"Kami lakukan sepekan dan setiap hari kerja. Semoga masyarakat di sekitar kawasan Kota Jember bisa memanfaatkan layanan ini dan membantu mereka," ujar Kepala Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo.

Penukaran pecahan uang baru di hari pertama didahului dengan seremoni pembukaan kegiatan itu. Namun sejak pukul 08.30 Wib, masyarakat sudah antre di Alun-ALun Jember. Mereka duduk di bawah tenda yang disediakan untuk pengantre. Sekitar pukul 10.00 Wib, layanan penukaran baru dibuka setelah acara seremoni selesai.

Sejumlah warga nampak tidak sabar menunggu pembukaan layanan. Sebelum mereka mendatangi mobil kas keliling, mereka diatur oleh petugas kepolisian dan keamanan BI Jember. Beberapa orang yang tidak sabar sampai berteriak 'ayo wis wayahe', juga 'sido opo ora iki'. Beberapa polisi dan Satpan meminta mereka sabar dan antre menunggu giliran.

Setelah mobil kas keliling siap, warga bergiliran mendatangi mobil-mobil yang berjajar di Jl Sudarman sisi selatan Alun-Alun Jember itu.

Momen penukaran uang pecahan baru di Alun-Alun Jember itu tidak hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar kota saja. Beberapa warga dari sejumlah kecamatan di luar kawasan kota juga memilih memanfaatkan layanan tersebut. Nuri Alfiah, misalnya. Perempuan ini bersama kakaknya datang dari Desa Paleran Kecamatan Umbulsari. Jarak antara desa tersebut ke ALun-Alun Jember sekitar 30 kilometer.

"Memang sengaja nukar di sini. Saya antre sejak pukul 08.30 Wib, bareng kakak," ujar Nuri. Dia menukar pecahan sebesar Rp 4,4 juta. Uang itu untuk dirinya dan keluarganya. Dia sendiri setiap Lebaran menyediakan uang pecahan baru sekitar Rp 3 juta.

"Kalau budjet saya pribadi mesti menyediakan minimal Rp 3 juta. Paling banyak diminati pecahan Rp 2.000 dan Rp 5.000. Anak-anak kecil itu asalkan dapat uang baru sudah senang. Sangu untuk anak-anak kecil dan saudara ini sudah tradisi setiap Lebaran. Tidak banyak yang penting uang baru," imbuhnya sambil tersenyum.

Sedangkan Hairul, warga Desa Panti Kecamatan Panti menukar Rp 1,7 juta dalam bentuk pecahan satu bendel Rp 10.000 (Rp 1 juta), satu bendel Rp 5.000 (Rp 500.000), dan satu bendel Rp 2.000 (Rp 200.000). "Sudah cukup lah segini saja. Saya menukar di kota sini karena layanan di Panti tidak ada, akhirnya ya di sini saja," ujarnya.

Sementara Robbani bergantian dengan istrinya untuk menukar uang. Pasutri asal Desa Tanjungrejo Kecamatan WUluhan itu memilih begitu supaya bisa mendapatkan penukaran uang dalam jumlah lebih. Sebab memang setiap orang hanya dibatasi menukar uang sebanyak Rp 3,7 juta dalam pecahan satu bendel Rp 20.000, satu bendel Rp 10.000, satu bendel Rp 5.000, dan satu bendel Rp 2.000. Robbani menukar Rp 3,7 juta, dan istrinya Rp 3,7 juta.

"Sudah cukup dulu. Saya dan istri bergantian antre untuk menukar," ujarnya.

Untuk melayani penukaran pecahan baru uang rupiah menjelang Lebaran 2019, BI Perwakilan Jember menyiapkan uang sebesar Rp 5,01 triliun. Jumlah ini meningkat 14,22 persen dibandingkan realisasi tahun 2018 yang mencapai Rp 4,3 triliun.

BI Jember bersama lima Pemkab di wilayah kerja dan Perbankan di lima kabupaten juga melayani penukaran di lima kabupaten di wilayah kerja BI Jember yakni Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Khusus di Jember, selain bersinergi dengan Perbankan, BI Jember juga bersinergi dengan Pemkab Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember. Layanan penukaran uang juga digelar di Pasar Murah yang diadakan Disperindag Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved