Berita Madiun

Kisah Sukses Petani Hidroponik Manfaatkan Lahan Sempit di Kota Madiun

Di Kota Madiun, sudah banyak ditemui petani Hidroponik. Satu di antaranya adalah, Azenk Ardianto (32) warga Jalan Sarimulya B12 Perum Rejomulyo Per

Kisah Sukses Petani Hidroponik Manfaatkan Lahan Sempit di Kota Madiun
SURYA.CO.ID/Rahardian Bagus
Petani Hidroponik, Azenk Ardianto dengan produk unggulannya jus sayuran Hidroponik. 

SURYA.co.id|MADIUN - Pembangunan dan pertambahan penduduk mengakibatkan lahan pertanian di perkotaan semakin berkurang. Sementara kebutuhan masyarakat akan  hasil pertanian atau pangan, terus meningkat.

Hal itu juga terjadi di Kota Madiun. Menurut data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, di Kota Madiun hanya terdapat seribu hektar lahan basah dan kering, sekitar 906 hektar di antaranya merupakan lahan persawahan.

Oleh sebab itu, para petani dituntut harus kreatif. Metode tanam Hidroponik dapat menjadi solusi atas permasalahan terbatasnya lahan pertanian.

Saat ini, di Kota Madiun, sudah banyak ditemui petani Hidroponik. Satu di antaranya adalah, Azenk Ardianto (32) warga Jalan Sarimulya B12 Perum Rejomulyo Permai, Kota Madiun.

Ayah dua anak ini berhasil membudidayakan tanaman Hidroponik di rumahnya. Bahkan, bersama teman-temannya sesama petani Hidroponik ia membentuk Komunitas Hidroponik Madiun Mataraman, beranggotakan sekitar 500 orang dari seluruh wilayah eks karesidenan Madiun.

Azenk sudah lebih dari tiga tahun menekuni bisnis tanaman Hidroponik ini mengaku telah mengembangkan usahanya. Pemilik Ichi Hidroponik Store ini tidak hanya menjual sayuran, namun juga menjuak makanan minuman olahan dari sayuran Hidroponik, memberikan edukasi mengenai Hidroponik, dan juga menjual perlengkapan Hidroponik.

Dia menuturkan, saat ini ia lebih fokus untuk menjual makanan dan olahan hasil dari sayuran Hidroponik.

"Saat ini saya bikin Juice Hidroponik, Ice Cream Hidroponik dan camilan dari sayuran Hidroponik," kata Azenk.

Usaha tersebut, sudah ia kembangkan sejak 2017 lalu. Idenya muncul karena masih banyak masyarakat yang kurang gemar makan sayuran.

"Awalnya tahun 2017. Masih sedikit masyarakat yang kurang gemar makan sayuran. Makanya saya coba bikin bikin olahan dari sayuran Hidroponik yang praktis, enak dan disukai semua kalangan," kata Azenk, saat ditemui di rumahnya, Rabu (22/5/2019).

Halaman
1234
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved