Golkar Siapkan Figur untuk Pimpinan DPRD Jatim. Sahat Tua Simanjuntak Kandidat Terkuat

Partai Golkar mulai menginventarisasi figur yang akan didapuk mengisi kursi pimpinan DPRD Jatim periode 2019-2024.

Golkar Siapkan Figur untuk Pimpinan DPRD Jatim. Sahat Tua Simanjuntak Kandidat Terkuat
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak (tengah) saat ditemui di Surabaya beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Golkar mulai menginventarisasi figur yang akan didapuk mengisi kursi pimpinan DPRD Jatim periode 2019-2024.

Mengingat, berdasarkan perolehan kursi DPRD Jatim, Partai Golkar yang memiliki 13 kursi berdasarkan perolehan pileg berada di peringkat kelima dan berhak mendapat jabatan Wakil Ketua DPRD Jatim.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak menjelaskan bahwa Partai Golkar memiliki mekanisme dalam menentukan pimpinan di DPRD Jatim. Di antaranya, melalui pembahasan bersama di DPD.

"13 anggota yang duduk di fraksi memiliki hak yang sama terhadap penjaringan ini. Banyak pertimbangannya," kata Sahat ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (22/5/2019).

Hasil dari penjaringan tersebut nantinya akan diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Biasanya, DPP meminta dua nama. DPP yang akan menentukan figur yang berhak berada di kursi pimpinan," kata Sahat yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPRD Jatim periode 2018-2024.

Dengan meraih 13 kursi, partai Partai Golkar di DPRD Jatim periode 2019-2024 meningkat dari periode sebelumnya. Di periode 2014-2019, Partai berlambang pohon beringin ini baru mendapat 11 kursi.

Perolehan Golkar di bawah Partai PDI Perjuangan (27 kursi), PKB (25 kursi), Partai Gerindra (15 kursi), dan Partai Demokrat (14 kursi). Nama Sahat menjadi satu di antara beberapa petahana anggota dewan yang lolos kembali ke DPRD Jatim.

Selain sukses di DPRD Jatim, Partai Golkar di Jatim juga sukses membantu perolehan nasional sehingga berada di peringkat kedua perolehan kursi terbanyak DPR RI dengan berhasil mendapatkan 85 kursi DPR RI. Khusus dari Jatim, Golkar mendapatkan 11 kursi DPR RI.

Sahat menilai tingginya perolehan Golkar di Jatim tak terlepas dari peran Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartanto. Mengingat, keberhasilan ini diraih hanya dalam waktu satu tahun dari hasil Munaslub pada Desember 2017.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved