Pilpres 2019

Meski Menang Pilpres, Jokowi justru Ucapkan Selamat pada Megawati Soekarnoputri

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) tampak menerima kedatangan Ketua Umum PDIP di Istana Merdeka sesusai memberikan pidato kemenangan di kampung deret.

Meski Menang Pilpres, Jokowi justru Ucapkan Selamat pada Megawati Soekarnoputri
(KOMPAS.com/Ihsanuddin)
Presiden Joko Widodo menerima Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/2019). 

SURYA.co.id | JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) tampak menerima kedatangan Ketua Umum PDIP di Istana Merdeka sesusai memberikan pidato kemenangan di kampung deret, Selasa (21/5/2019).

KPU menetapkan Jokowi-Ma'ruf memenangi pilpres 2019 dengan perolehan suara mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen.

Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. KPU juga menetapkan PDI-P sebagai pemenang pemilu legislatif.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Megawati berlangsung tertutup empat mata di sebuah ruangan di Istana Merdeka kurang lebih 25 menit.

Pertemuan ini berlangsung setelah Jokowi melantik Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSNN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian di Istana Negara.

Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyapa warga usai menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.
Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyapa warga usai menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Setelah bertemu Megawati, Presiden Jokowi keluar menjemput Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno untuk bergabung di dalam ruangan berdiskusi secara bertiga.

Setelah selesai, Jokowi menyampaikan bahwa pertemuan dengan Megawati dan disambung dengan Try Sutrisno, sekadar untuk mengucapkan selamat kepada dirinya karena telah menenangkan Pilpres 2019 bersama cawapres Ma'ruf Amin.

"Intinya beliau berdua mengucapkan selamat atas pengumuman dari KPU tadi pagi, sudah memberikan angka yang jelas yaitu 55,5 persen untuk Jokow-Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.

Sementara itu, Jokowi pun menyampaikan selamat kepada Megawati karena partainya PDIP mampu mendapatkan suara yang sangat banyak dari masyarakat saat Pileg 2019.

"Sata menyampaikan selamat juga kepada ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Ketya Umum PDIP yang juga memperoleh angka tertinggi yaitu 19,33 persen," kata Jokowi.

Setelah bertemu Megawati, Jokowi menerima Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan pimpinan partai Koalisi Indonesia Kerja lainnya secara bergantian.

Dilansir SURYA.co.id dari KOMPAS.com, Megawati datang ke Istana ditemani Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto sekitar pukul 15.30 WIB.

Kendati demikian, pertemuan antara Jokowi dan Megawati berlangsung empat mata.

Hasto hanya mengantar Megawati ke ruang kerja Jokowi.

Setelah itu ia menunggu di luar ruangan. (Tribunnews.com/Kompas.com)

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved