Berita Banyuwangi

Begini Imbauan Dinkes Banyuwangi Tangkal Cacar Monyet atau Monkeypox ke Warga

Dinkes Banyuwangi meminta warga mengandalkan pola hidup bersih dan sehat sebagai salah satu bentuk bentuk upaya antisipatif cacar monyet monkeypox.

Begini Imbauan Dinkes Banyuwangi Tangkal Cacar Monyet atau Monkeypox ke Warga
haorrahman/surya
Kantor Dinkes Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Masyarakat Indonesia sempat digegerkan virus monkeypox (cacar monyet) yang terjadi di Singapura. Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi meminta warga mengandalkan pola hidup bersih dan sehat sebagai salah satu bentuk bentuk upaya antisipatif.  

Kepala Dinkes Banyuwangi, dr Widji Lestariono, mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah memastikan hingga saat ini kasus monkeypox belum terjadi di Indonesia. 

“Oleh karena itu, kami imbau agar warga tetap tenang dan tidak khawatir berlebihan dengan cacar monyet atau monkeypox ini,” kata Rio, sapaan akrad Kepala Dinkes Banyuwangi.

Meski belum ditemukan kasusnya, pemkab telah melakukan sejumlah langkah pencegahan terhadap masuknya penyakit yang berasal dari Afrika bagian Barat tersebut.

Pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas dan Rumah Sakit (RS) di Banyuwangi untuk terjun melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi terkait monkeypox ke masyarakat.

Ia berharap, berbagai pelayanan kesehatan punya kewaspadaan ekstra terhadap gejala cacar monyet pada masyarakat.

"Sebab sampai sekarang virus cacar monyet memang belum ditemui di Indonesia. Sosialisasi, imbauan dan edaran ke jajaran kami sudah dilakukan untuk menambah kewaspadaan," ujarnya.

Namun, ia menekankan perilaku bersih dan sehat merupakan kunci untuk menghalau cacar monyet

"Sosialisasi semua sudah dilakukan, namun yang penting adalah perilaku bersih dan sehat. Karena disebarkan virus, penyakit ini mudah menular dan mewabah. Karena itu harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan," ia menegaskan.

Cacar monyet merupakan penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang atau zoonosis.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved