SBMPTN 2019

Seleksi SBMPTN Unair, ITS dan PTN di Jatim, Update Aturan Baru di Sini Mulai Soal UTBK & Kuota

Aturan baru seleksi SBMPTN 2019 Unair, ITS dan PTN lain di Jatim ada di sini termasuk kuota dan hasil UTBK gelombang pertama.

Seleksi SBMPTN Unair, ITS dan PTN di Jatim, Update Aturan Baru di Sini Mulai Soal UTBK & Kuota
TRIBUNNEWS.COM/IST
LOOP dan Gramedia kembali bekerjasama untuk mengadakan simulasi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) se-Indonesia mulai tanggal 23 Maret - 30 April 2019. 

SURYA.CO.ID - Sejumlah aturan baru berlaku pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Anda para calon mahasiswa baru di Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya dan perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya di Jatim yang belum paham bisa mencermati di artikel ini.

Termasuk jadwal SBMPTN 2019 dan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama yang sudah berlangsung beberapa hari lalu.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemrsitekdikti) telah menetapkan kebijakan terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2019.

Kebijakan itu terkait proses seleksi yang berstandar nasional dengan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efesien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Mengenai berbagai kebijakan itu, Rektor Unair Prof Nasih sebelumnya mengatakan bahwa pada prinsipnya, aturan mengenai proses seleksi antara tahun 2018 dengan 2019 tidak jauh beda.

Tetap melalui tiga jalur, yakni Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Seleksi Mandiri.

“Hanya saja, untuk Jalur Seleksi SBMPTN 2019 ini nantinya menggunakan satu metode tes, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tidak ada lagi tes yang menggunakan kertas,” ungkapnya.

“Kalau dulu calon mahasiswa mendaftar dengan full terlebih dahulu, termasuk memilih program studi. Tahun ini, calon masiswa yang akan melamar diberikan kesempatan untuk mengikuti tes terlebih dahulu,” imbuhnya.

Selanjutnya, Prof Nasih juga menambahkan bahwa tes yang dilakukan di awal ini akan dibagi ke dalam berbagai gelombang dengan waktu yang sama.

Halaman
1234
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Tri Mulyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved