Sosok

Potret Berdit Zanzabela, Cocok Mukena Putih

Perempuan kelahiran Trenggalek ini lebih mementingkan bahan ketika memilih mukena.

Potret Berdit Zanzabela, Cocok Mukena Putih
istimewa
Potret Berdit Zanzabela 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketika menunaikan ibadah sehari-hari, Berdit Zanzabela (24) tetap setia mengenakan mukena. Menurut Bela, sapaan akrabnya, untuk keperluan salat, sebenarnya mengenakan pakaian biasa pun tidak masalah.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa selama pakaian tersebut menutupi aurat dan dalam kondisi suci, bisa dipakai salat.

"Tapi kalau baju biasanya sudah dipakai berkegiatan, jadi ragu dalam kondisi bersih apa tidak. Akhirnya kalau saya tetep memilih pakai mukena untuk salat. Karena kalau mukena, kan khusus keperluan salat saja. Pas tidak dipakai, ya dilipat dan disimpan dalam tas. Tetap bersih dan suci untuk dipakai salat kapanpun," tutur Raki Persahabatan Jawa Timur 2017 itu, Senin (20/5/2019).

Soal model mukena, Bela mengaku tidak begitu memikirkan model yang macam-macam.

Perempuan kelahiran Trenggalek ini lebih mementingkan bahan ketika memilih mukena.

Ia menyebut, sering memilih mukena yang ringan, kain tidak panas dan polos.

Sedangkan dari segi warna, mahasiswa S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga, Surabaya tersebut kerap membeli mukena putih.

"Saya memang lebih suka mukena polos yang tidak ada gambarnya. Kalau beli sendiri, seringnya warna putih. Tapi pernah beli warna marun gelap supaya tidak cepat kotor," ujarnya.

Pemilihan warna putih bukan tanpa alasan bagi Bela.

Berdasar ajaran yang pernah ia dapat, dianjurkan untuk memilih mukena putih dan tidak ada gambar yang bisa mengganggu kekhusyukan saat salat.

"Tapi sering dikasih hadiah mukena Bali yang warna-warni, motif bunga atau abstrak. Ya karena dikasih, tetap dipakai saja, hehehehe," pungkasnya.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved