Berita Surabaya

Meriahnya Potong Rambut Gratis Jelang Lebaran di Masjid Cheng Ho Surabaya

acara Potong Rambut Gratis, yang diselenggarakan Komunitas Ngaji Salon (Ngasal) Surabaya, Baksos'e, dan Masjid Cheng Ho Surabaya.

Meriahnya Potong Rambut Gratis Jelang Lebaran di Masjid Cheng Ho Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
Suasana potong rambut gratis di Halaman Masjid Cheng Ho Surabaya, Senin (20/5/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ribuan orang tampak berbaris antre memenuhi halaman Masjid Cheng Ho, Jalan Gading 2, Ketabang, Surabaya sejak pagi. Tak terkecuali Muhammad Habibi (5), yang datang bersama teman-teman juga ibunya.

Anak laki-laki mungil ini mengaku tak sabar menunggu antrean potong rambut di acara Potong Rambut Gratis, yang diselenggarakan Komunitas Ngaji Salon (Ngasal) Surabaya, Baksos'e, dan Masjid Cheng Ho.

Tidak hanya potong rambut gratis, 1.000 peserta yang sedang antre juga mendapat sebuah sepatu dan bingkisan zakat mal.

Habibi menuturkan, yang membuat hatinya makin senang adalah, dia boleh memilih gaya rambut sesuai keinginannya. Bak sudah memikirkannya sejak lama, Habibi pun memberi arahan kepada penata rambut, yang mengangguk-angguk senyum.

Pemandangan potong rambut gratis di Halaman Masjid Cheng Ho Surabaya ini sudah berlangsung empat tahun terakhir.

Ketua Komunitas Ngaji Salon Surabaya (Ngasal), Hendy Prayitno, menuturkan kegiatan ini bagian dari sedekah para penata rambut yang tergabung dalam Komunitas Ngasal.

"Ada 200 penata rambut se Surabaya yang ikut serta, mereka jauh-jauh hari sudah mendaftarkan diri. Teman-teman penata rambut yang datang ini bukan penata rambut biasa, melainkan (penata rambut) profesional dan pengusaha salon yang ingin berbagi potong rambut gratis, supaya lebaran nanti anak-anak dan teman-teman duafa bisa tampil rapi," jelas pemilik Hendy Salon ini, Senin (20/5/2019).

Muhammad Habibi (5) yang ikut potong rambut gratis di Halaman Masjid Cheng Ho Surabaya, Senin (20/5/2019).
Muhammad Habibi (5) yang ikut potong rambut gratis di Halaman Masjid Cheng Ho Surabaya, Senin (20/5/2019). (surya/ahmad zaimul haq)

Kolaborasi sedekah ini lanjut Hendy dilakukan bersama Baksos'e Suroboyo dan Masjid Cheng Ho. Rencananya kegiatan sedekah ini berlangsung dua kali, dengan total 2000 orang.

"Pesertanya adalah anak yatim-piatu dan duafa. Hari ini 1000 orang, Minggu depan (27/5/2019) 1000 orang lagi. Merata, peserta dari seluruh kelurahan Surabaya, asal menyertakan syarat yatim dan duafa (yang sudah ditetapkan panitia)," tambah Hendy.

Buat Senang

H Nurawi, salah satu pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya menambahkan kegiatan sedekah ini selalu menyenangkan bagi anak yatim-piatu dan duafa. Menurutnya setiap kali mereka diundang untuk jadi peserta Potong Rambut Gratis, senyum mereka mengembang sempurna selama mengantre.

"Teman-teman juga tertib, setelah potong rambut gratis mereka bisa tampil dengan wajah baru. Tujuan kegiatan sedekah ini tak lain memang untuk menyenangkan hati mereka, jadi menjelang lebaran mereka yang tidak mampu ke salon dan bayar mahal bisa tetap rapi, karena gratis," tambahnya.

Satu lagi, Hendy menggarisbawahi setiap peserta yang datang bisa meminta gaya rambut sesuai keinginan.

"Jadi sebelum dipotong, mau model apa yang sesuai dengan keinginan? Karena memang tujuan kita ingin memberikan yang terbaik buat peserta yang datang," tutup Hendy mengakhiri sesi wawancara

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved