Khofifah Serahkan Tunjangan untuk 2.026 Penghafal Quran Jawa Timur

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan tunjangan kehormatan bagi 2.026 penghafal Quran di Jawa Timur, Minggu (19/5/2019).

Khofifah Serahkan Tunjangan untuk 2.026 Penghafal Quran Jawa Timur
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan secara simbolis tunjangan kehormatan bagi para penghafal quran di Jawa Timur, di Masjid Sunan Ampel, Minggu (19/5/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan tunjangan kehormatan bagi para penghafal Quran di Jawa Timur, Minggu (19/5/2019).

Penyerahan tunjangan ini dilakukan di sela-sela buka puasa bersama antara Gubernur Jatim dan huffadz, ulama, dan warga muslimat NU di masjid Sunan Ampel, Surabaya. 

Pemberian tunjangan kehormatan pada hafidz dan hafidzah tersebut merupakan program prioritas Khofifah yang masuk dalam program Jatim Berkah.

Total ada sebanyak 2.026 huffadz se Jawa Timur yang mendapatkan tunjangan tahunan dari Pemprov Jatim di tahun 2019 ini. Mereka sudah melalui proses seleksi dan tes bacaan dan hafalan.

"Dari 9 sembilan bhakti yang ingin kami bhaktikan untuk masyarakat Jawa Timur adalah Bhakti Jatim Berkah. Salah satunya kami wujudkan dengan memberikan sapaan tunjangan kehormatan bagi hafidz dan hafidzah," kata Khofifah.

Khofifah menyerahkan secara simbolis tunjangan kehormatan pada hafidz hafidzah di Masjid Sunan Ampel tersebut. Mereka mendapatkan tunjangan kehormatan sebesar Rp 1,8 juta setiap tahunnya.\

Khofifah menargetkan ada 10 ribu penghafal Alquran yang menerima tunjuangan kehormatan itu. 

Karenanya ia meminta pada LPTQ atau lembaga serupa yang memiliki informasi terkait penghafal quran di Jawa Timur bisa berkomunikasi dengan Pemprov agar target janji kampanye 10 ribu hafidz hafidzah bisa tercapai.

"Program ini adalah turunan program Jatim Berkah. Mereka mendapatkan tunjangan Rp 150 ribu perbulan atau Rp 1,8 juta per tahun. Kemarin kami sudah serahkan yang di Madura, kemarin di Tapal Kuda oleh Bu Arumi, jadi memang kita cari titik terdekat karena kalau dikumpulkan se Jawa Timur terlalu jauh," kata Khofifah.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Pemprov Jawa Timur, Hudiyono mengatakan selain pemberian tunjangan pada penghafal quran, dalam Jatim Berkah juga diberikan tunjangan untuk imam masjid.

Imam masjid yang diberi tunjangan oleh Khofifah adalah imam masjid dari pedalaman dan pesisir Jawa Timur.

"Para imam masjid mendapatkan tunjangan kehormatan sebesar Rp 2 juta per tahun. Totalnya ada 11 ribu imam masjid yang dapat tunjangan dari Pemprov Jawa Timur melalui program Jatim Berkah Gubernur Khofifah," pungkas Hudiyono.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved