Berita Lamongan

Alasan Polres Lamongan Gelar Patroli Skala Besar jelang Pengumuman KPU pada 22 Mei 2019

"Berdasarkan info ada 10.000 massa dari Jatim yang akan bergerak menuju Jakarta," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung.

Alasan Polres Lamongan Gelar Patroli Skala Besar jelang Pengumuman KPU pada 22 Mei 2019
surya.co.id/hanif manshuri
Kapolres Lamongan memimpin¬†apel menjelang patroli dan razia skala besar untuk menghalau gerakan people power, Sabtu (18/05/2019). 

SURYA.co.id l LAMONGAN - Polres Lamongan menggelar patroli dan razia berkala besar di beberapaa lokasi di wilayah Lamongan Jawa Timur hingga Minggu (19/05/2019) dini hari.

Patroli, plus razia ini dilaksanakan gabungan TNI, Polri dan Satpol PP dengan melibatkan 1 pleton anggota Kodim 0812, 1 kompi Sat Sabhara, 1 pleton Sat Lantas, 2 pleton gabungan staf, 1pleton Sat Reskrim, 1 pleton Satreskoba, 1 pleton Satintelkam dan 1 pleton Satpol PP Pemkab.

"Berdasarkan info ada 10.000 massa dari Jatim yang akan bergerak menuju Jakarta," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung.

Menurutnya, pabila upaya secara persuasif tidak bisa. maka dilakukan dengan tindakan penegakan hukum

Razia, sweeping terhadap pihak yang tetap memaksa untuk berangkat.

Patroli dan razia berskala besar ini, menurut Feby, menindaklanjuti situasi pasca pemungutan suara, pada hasil vidcon bersama Panglima TNI dan Kapolri bahwa polri TNI dan Pemkab senantiasa bersinergi menjaga situasi kamtibmas

"Situasi politik khususnya di provinsi maupun di tingkat nasional terus bergejolak,"katanya.

Ada perintah yang harus dikabarkan menyikapi perkembangan, dimana panglima TNI dan Kapolri memerintahkan untuk bisa mengimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dalam rangka mengikuti giat people power pada 22 Mei maupun giat mobilisasi massa dalam mendelegitimasi penyelenggara pemilu.

Patroli dan razia dilaksanakan mula pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari.
Semua kendaraan, roda 2 maupun roda 4 yang melintas di sejumlah titik lokasi razia, termasuk di Terminal Lamongan menjadi sasaran razia.

Selain itu juga dilakukan razia dengan melaksanakan hunting sistem terhadap masyarakat yang bergerombol di tempat yang tidak selayaknya di area persawahan maupun di tempat remang-remang.

Selain mengantisipasi rombongan massa yang ke Jakarta, razia yang dilakukan di wilayah perbatasan juga menyasar bahan peledak, senjata api, senjata tajam serta narkoba.

Petugas juga melakukan pendataan di armada travel dan bis, termasuk mendeteksi di wilayah stasiun.

"Lakukan penggeledahan, bila ditemukan orang yang mencurigakan segera ditindaklanjuti," tandas Feby.

Pelaksanaan patroli skala besar ini juga dengan sasaran kantor penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu), gudang KPU, Lapas kelas II B.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved