Berita Gresik

Tujuan Polres Gresik Luncurkan Aplikasi Dumas Online Berbasis Android

Inovasi baru Polres Gresik untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Aplikasi berbasis android tersebut berupa Dumas Online Kriminal Khusus.

Tujuan Polres Gresik Luncurkan Aplikasi Dumas Online Berbasis Android
surya.co.id/sugiyono
INOVASI - Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro (tengah) memaparkan tentang inovasi berbasis android berupa Dumas Online Kriminal Khusus di aula Polres Gresik, Jumat (17/5/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Inovasi baru Polres Gresik untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Aplikasi berbasis android tersebut berupa Dumas Online Kriminal Khusus.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro menjelaskan bahwa inovasi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, sekarang ini sudah banyak masyarakat yang memakai ponsel android.

Inovasi pengaduan masyarakat berbasis online tersebut melengkapi inovasi Polres Gresik yang sebelumnya telah meluncurkan pengaduan masyarakat berbasis smartphone yaitu Go Sigap. "Inovasi pengaduan masyarakat (Dumas) online ini melengkapi inovasi yang sebelumnya yaitu Go Sigap," kata Wahyu, Jumat (17/5/2019).

Lebih lanjut alumnus Akpol 1998 menambahkan bahwa inovasi pelayanan masyarakat berbasis android tersebut untuk mencegah terjadinya pelanggaran diinternal Polres Gresik yang dilakukan oleh masyarakat.

"Polres Gresik telah mendapat predikat zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Sehingga adanya aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat untuk mengawasi kinerja anggota dan mengadukan keluhan masyarakat," imbuhnya.

Hasil inovasi Polres Gresik itu mendapat apresiasi Kabag Wassidik Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Krishadi Permadi. Bahwa, inovasi tersebut bisa untuk memudahkan masyarakat dalam pengaduan masalah ekonomi dan mengenai pelanggaran anggota Polres Gresik.

"Dumas Online ini bisa diunduh di Google Play. Kemudian diintal baru bisa mengadukan permasalahan di masyarakat khusus isu-isu pidana ekonomi, isu-isu lingkungan hidup," kata Krisnadi.

Menurutnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa Polres lain sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam mengadukan tentang pelanggaran di masyarakat.

"Masyarakat bisa lapora tentang tindak pidana ekonomi, karena di Greei ini banyak perusahaan. Limbahnya akan dikemanakan, atau diubah menjadi yang bermanfaat," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved