Berita Surabaya

Seniman THR Protes Gedung Kesenian Ditutup Pemkot Surabaya, Gelar Demo dan Wadul Dewan

Seniman THR mendatangi kantor DPRD Surabaya lantaran mereka tak bisa lagi tampil di THR setelah gedung tersebut ditutup Pemkot Surabaya.

Seniman THR Protes Gedung Kesenian Ditutup Pemkot Surabaya, Gelar Demo dan Wadul Dewan
surya/nuraini faiq
Para seniman THR Surabaya mengenakan kostum tokoh Nyi Roro Kidul dan Gatot Kaca serta tokoh pewayangan lain saat berunjuk rasa di DPRD Kota Surabaya, Jumat (17/5/2019). Para seniman mengeluh ke Dewan lantaran THR ditutup oleh Pemkot Surabaya sehingga tak bisa lagi manggung 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para seniman yang biasa tampil di Taman Hiburan Rakyat (THR) demo, Jumat (17/5/2019). Mereka berontak dengan berunjuk rasa mendatangi kantor DPRD Surabaya lantaran mereka tak bisa lagi tampil di THR setelah gedung tersebut ditutup Pemkot Surabaya

Para seniman tak lagi bisa memanfaatkan gedung kesenian yang sudah melegenda di Surabaya itu. Ketua Komunitas Seniman Tradisi THR, Titik Subiyakti, mengatakan semua peralatan manggung, gamelan, sound, dan lampu panggung, ditarik Pemkot Surabaya.

"Sarana vital ini diambil dan Gedung Pringgondani THR digembok Pemkot Surabaya," kata Titik.

Perempuan ini tiba dengan mengenakan kostum tokoh Nyi Roro Kidul.

Perempuan ini begitu serius menyuarakan aspirasinya dengan melengkapi kostum Nyi Roro Kidul lengkap dengan ujung kepala dibakar stik dupa. 

Dengan suara trenyuh dan menangis, dia menceritakan detik-detik ruang pentas mereka digembok.

Para seniman menyebut yang menggembok adalah orang Dinas Kebudayan dan Pariwisata Surabaya. 

"Saat kami mau tampil pada Jumat malam, tahu-tahu gedung Pringgondani digembok. Gamelan diangkut Kamis lalu 9 Mei. Selama ini seniman rutin latihan dan Jumat malam tampil. Disaksikan penonton atau tidak," urai Titik. 

Selain Titik yang tampik bak Nyi Roro Kidul, banyak lagi tokoh seniman THR yang tampil sebagai tokoh Gatot Kaca, tokoh punakawan mulai Petruk, Gareng, Semar, hingga tokoh Hanoman. 

Saat ini, para seniman itu berorasi meneriakkan aspirasi mereka untuk mengembalikan THR sebagai tempat latihan rutin dan tampil.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved