Ramadhan 2019

Jadwal Buka Puasa 16 Mei 2014 Surabaya, Jakarta, Bandung & Simak Juga Manfaat Puasa Menurut Peneliti

Simak jadwal buka puasa 16 Mei 2014 utnuk wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya dan simak juga manfaat puasa menurut peneliti.

Jadwal Buka Puasa 16 Mei 2014 Surabaya, Jakarta, Bandung & Simak Juga Manfaat Puasa Menurut Peneliti
SAYS.com
Jadwal Buka Puasa 16 Mei 2014 Jakarta, Bandung, Surabaya & Simak Juga Manfaat Puasa Menurut Peneliti 

SURYA.co.id - Simak jadwal buka puasa Kamis, 16 Mei 2019 atau 11 Ramadhan 1440 Hijriah untuk wilayah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Malang.

Umat muslim kini sudah memasuki minggu kedua dalam menjalankan ibadah puasa.

Meskipun harus menahan lapar dan dahaga, menjalankan puasa ternyata memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi tubuh manusia.

Peneliti dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana, Corby Martin, melakukan penelitian terhadap orang-orang yang berpuasa dikutip dari Tribunnews.com dari CNN.

Beberapa dampaknya bahkan dapat berjangka panjang, seperti membantu menjaga kestabilan berat badan, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Sembari menunggu azan maghrib berkumandang, mari simak jadwal buka puasa utnuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Jadwal buka puasa 14 Mei 2019 untuk wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Malang.

Kota Maghrib Isya
Jakarta 17.47 18.59
Bandung 17.42 18.55
Surabaya 17.22 18.34
Medan 18.33 19.45
Malang 17:20 18:33

Berikut jadwal buka puasa untuk 10 kota besar di Indonesia lengkap dengan jadwal sholat lima waktu dan imsakiyah.

Dampak Positif Puasa Berdasarkan Penelitian

Peneliti bernama Corby Martin dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana melakukan penelitian terhadap orang-orang yang rutin berpuasa.

Dari 218 responden yang ditelitinya ditemukan bahwa puasa secara teratur dalam jangka panjang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Penelitiannya telah dipublikasikan dalam jurna JAMA Internal Medicine dan menyebutkan bahwa orang-orang yang melakukan puasa rutin dalam jangka panjang mengalami penurunan berat badan sebesar 10 persen.

Disamping penurunan berat badan, mereka yang menrapkan puasa rutin juga terbukti mengalami perubahan kualitas hidup, seperti kualitas tidur, kebugaran jasmani, serta dalam aktifitas seksual.

“Dengan rutin berpuasa, nafsu makan mereka jadi semakin reda dan terkontrol. Dari berat badan yang turun, responden juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Mereka menjadi lebih mudah untuk bergerak, serta mengurangi nyeri pada sendi,” imbuh Martin.

Ilustrasi
Ilustrasi (time.com)

Hal serupa juga dituturkan oleh ahli kesehatan asal Oxford, Razeen Mahroof dikutip dari Independent mengungkapkan bahwa puasa dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Razeen menyebutkan tubuh orang yang bepuasa akan lebih mudah melakukan transisi pembakaran energi.

“Selanjutnya, lemak di tubuhlah yang akan digunakan sebagai sumber energi. Di sisi lain, otot dapat dipertahankan, kadar kolesterol bisa turun, diabetes dan tekanan darah pun bisa dikontrol,” tuturnya dikutip Gana Islamika.

Lebih lanjut, ternyata puasa juga bisa menjadi ajang detoksifikasi bagi tubuh.

Detoksifikasi merupakan proses normal yang dilakukan tubuh untuk mengeleminasi atau menetralkan racun yang dihasilkan dari biokimia melalui usus, hati, ginjal, paru-paru, kelenjar getah bening, dan kulit.

Penulis: Alif Nur Fitri Pratiwi
Editor: Tri Mulyono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved