Berita Situbondo

Dishub dan Satlantas Gelar Uji Kelaikan Bus di Terminal Situbondo, Ini Tujuannya

Dishub bersama Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, melakukan inspeksi mendadak dan uji kelaikan bus penumpang AKDP di Terminal Situbondo

Dishub dan Satlantas Gelar Uji Kelaikan Bus di Terminal Situbondo, Ini Tujuannya
surya/izi hartono
Petugas gabungan saat melakukan uji kelaikan bus di Terminal Situbondo, Selasa (14/05/2019). 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, melakukan inspeksi mendadak dan uji kelaikan bus penumpang antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Situbondo, Selasa (14/05/2018).

Inspeksi kelaikan bus tidak lain untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2019.

"Uji kelaikan bus penumpang AKDP ini meliputi pemeriksaan surat-surat kendaraan dan KIR, hingga memeriksa kondisi fisik armada bus, seperti lampu sein, klakson, sistem pengereman dan kopling, serta wiper atau kipas kaca," ujar Kepala Dishub Situbondo, Tulus Priadmadji, di sela uji kelaikan bus penumpang di Terminal Bus Situbondo.

Menurut Tulus, pemeriksaan kendaraan bus penumpang ini tidak lain dalam rangka memastikan kondisi kendaraan apakah telah memenuhi standar atau tidak demi keamanan dan kenyamanan penumpang bus selama arus mudik Lebaran.

Setelah dilakukan pemeriksaan uji kelaikan bus penumpang oleh petugas, katanya, bagi bus-bus yang layak dan tidak ditemukan kerusakan pada fisik bus dan langsung mendapatkan stiker layak jalan dan ditempel di bagian depan bus oleh petugas Dinas Perhubungan.

"Sejauh ini untuk sementara pemeriksaan kelayakan bus penumpang yang beroperasi di Situbondo, alhamdulillah tidak ditemukan fisik bus yang rusak alias masih layak jalan," katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Hendrix K Wardhana mengatakan pemberian stiker yang ditempel di bagian depan bus merupakan salah satu tanda bahwa kendaraan tersebut telah dilakukan uji kelaikan kendaraan.

"Kalaupun nanti ditemukan bus penumpang yang tidak ada stiker akan langsung dilakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan oleh petugas," kata AKP Hendrix.

Pemeriksaan kelaikan bus, di antaranya mulai fungsi lampu, lampu sein, kipas kaca dan hingga kondisi kelaikan ban. Termasuk juga kelengkapan dokumen kendaraan dan buku uji KIR.

Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved