Berita Gresik

Alasan PN Gresik Bebaskan Tahanan Bos Tanah Kavling meski harus Tetap Ikuti Sidang

Bos PT Kapling Hijau yang didakwa melakukan penipuan jual beli tanah itu telah habis masa penahanannya.

Alasan PN Gresik Bebaskan Tahanan Bos Tanah Kavling meski harus Tetap Ikuti Sidang
surya.co.id/sugiyono
BEBAS - Terdakwa Muis Al Fadhi saat mengikuti sidang atas kasus dirinya di PN Gresik, Rabu (11/4/2019). Muis kini bebas demi hukum karena masa penahanannya berakhir. 

SURYA.co.id | GRESIK - Pengadilan Negeri Gresik membebaskan tahanan Muis Al Fadhi (29) karena masa penahanan habis. Sedang proses hukum warga Dusun Munggu, Desa Munggugianti, Kecamatan Benjang itu belum vonis.

Bos PT Kapling Hijau yang didakwa melakukan penipuan jual beli tanah itu telah habis masa penahanannya. Sehingga, terdakwa bebas demi hukum dari tahanan kelas IIB Gresik sampai ada putusan tetap majelis hakim Pengadilan Negeri Gresik.

Terdakwa  langsung dijemput keluarga dan kuasa hukumnya. Namun, terdakwa Muis akan tetap menjalani persidangan setiap hari Rabu. 

"Klien kami bebas karena masa tahanan sudah habis. Namun, proses persidangan masih jalan terus. Nanti juga hadir dalam persidangan," kata penasihat huku terdakwa, Wagiman, Selasa (14/5/2019).

Lebih lanjut Wagiman mengatakan setelah keluar dari tahanan, terdakwa Muis akan mencari uang untuk mengembalikan kerugian korban yang mencapai Rp 800 Juta.

"Klien kita masih berusaha untuk mengembalikan uang milik pembeli tanah  yang meminta uangnya dikembalikan," imbuhnya.

Dalam persidangan terdakwa Muis dituntut tiga tahun penjara.

Pihak Pengadilan Negeri Gresik menyatakan bebasnya seorang terdakwa yang masih proses hukum tidak mengganggu jalannya persidangan sampai ada keputusan hukum tetap.

"Kuasa hukum telah menjamin bahwa terdakwa tetap bisa hadir setiap persidangan, sehingga nanti apapun putusan majelis hakim akan dilaksanakan oleh terdakwa," kata Humas PN Gresik Bayi Soho Rahardjo.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved