Tekan Angka Kematian Bayi, RSUD Soewandhie Luncurkan Ambulance NETSS

RSUD Dr M Soewandhi meluncurkan ambulans NETSS yang bertujuan untuk menekan angka kematian bayi di Surabaya yang terbilang cukup tinggi.

Tekan Angka Kematian Bayi, RSUD Soewandhie Luncurkan Ambulance NETSS
surabaya.tribunnews.com/delya oktovie
umah Sakit (RS) Dr. Moha¬≠mad Soewandhie memperkenalkan kembali Neonatal Emergency Transport Services (NETS), ambulance khusus bayi yang memiliki peralatan medis lengkap, Senin (13/5/2019). Terdapat satu dokter dan satu perawat yang siap memberi tindakan di dalam ambulance. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tingginya angka kematian bayi di Surabaya sangat mengkhawatirkan bagi dr. Radix Hadriyanto, Sp.A, dokter spesialis anak RSUD Dr. M Soewandhie.

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Surabaya, jumlah kematian bayi di Surabaya untuk usia 0-7 hari sebesar 80 persen. Kebanyakan disebabkan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan asfiksia.

Sedangkan berdasarkan Perubahan RKPD Kota Surabaya tahun 2018,  tercatat bahaw jumlah bayi lahir meninggal pada 2017 sebanyak 210 bayi. Sedangkan  Angka Kematian Bayi (AKB) per 1.000 kelahiran hidup kota Surabaya tahun 2017 mencapai 5,11. 

Sebagai upaya menekan jumlah ini, Radix mengusulkan pengadaan ambulance khusus bayi, lengkap dengan alat-alat dan tenaga medis khusus, yang diberi nama Neonatal Emergency Transport System Surabaya (NETSS).

Di dalamnya, terdapat alat bantu napas biasa serta mesin, monitor, inkubator, pacu jantung, dan lain-lain.

"Kita butuh ambulans ini karena angka kematian bayi di Surabaya maupun Indonesia masih sangat tinggi. Kami siapkan ambulans untuk memberi pertolongan bayi-bayi yang lahir dengan berat badan rendah, punya gangguan pernapasan, dan lain-lain," tutur drg. Rince Pangalila, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Dr. Mohamad Soewandhie, Senin (13/5/2019).

NETSS sebenarnya telah hadir sejak tahun 2017 dengan adanya anggaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Saat ini, hanya ada satu unit NETSS di RS Dr. Mohamad Soewandhie.

Alurnya, ketika ada bayi yang baru lahir di tempat layanan kesehatan seperti puskesmas dan butuh perawatan lebih, petugas kesehatan bisa menelepon RS Dr. Mohamad Soewandhie untuk minta bantuan NETSS .

Bila NICU RS Dr. Mohamad Soewandhie penuh, bayi akan dirujuk ke RS lain yang memiliki NICU.

Halaman
123
Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved