Berita Sidoarjo

Antisipasi Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Sidak ke Sejumlah Pasar di Sidoarjo

Mengantisipasi lonjakan harga dan beberapa hal terkait pangan, Satgas Pangan dan Petugas dari Dinas menggelar sidak ke sejumlah pasar di Sidoarjo

Antisipasi Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Sidak ke Sejumlah Pasar di Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Tim satgas Pangan bersama petugas dari Pemkab Sidoarjo saat memantau harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional di Sidoarjo, Senin (12/5/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Harga bahan pokok sedang menjadi perhatian serius petugas Satgas Pangan Polresta Sidoarjo bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo.

Mengantisipasi lonjakan harga dan beberapa hal terkait pangan, Satgas Pangan dan Petugas dari Dinas menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Sidoarjo. Termasuk di Pasar Larangan dan Pasar Porong.

Dari pemantauan itu, diketahui bahwa harga kebutuhan pokok di Sidoarjo masih stabil. Bahkan harga bawang putih yang sebelumnya sempat melonjak, kini kembali turun.

"Sejauh ini harga masih terbilang stabil. Bahkan ada bahan pokok makanan yang sebelumnya naik, sekarang sudah turun," ungkap Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris (13/5/2019).

Bawang putih misalnya, sebelum Ramadan lalu harganya di kisaran Rp 50.000 - Rp 60.000 per kilogram. Sekarang sudah stabil di kisaran harga Rp 33.000 per kilonya.

"Sidak dan pemantauan ini sengaja digelar untuk mewaspadai kenaikan harga kebutuhan pokok jelang lebaran. Seperti beras, gula, minyak goreng, daging sapi, ayam, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya," sambung dia.

Kendati demikian, dalam sidak juga ditemukan beberapa harga bahan kebutuhan yang naik. Namun, kenaikannya tidak signifikan.

Seperti daging ayam dari Rp 30.000 sekarang naik menjadi Rp 35.000 per kilogram. Kemudian harga gula dari sebelumnya Rp 10.500 menjadi Rp 11.500 per kilogram. Termasuk harga beras juga diketahui ada sedikit kenaikan, sekitar Rp 200 per kilogram.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satgas Pangan terus bekerjasama dengan Disperindag, Bulog dan dinas Pertanian untuk terus memantau harga kebutuhan pokok selama Ramadan.

Sehingga kenaikan harga kebutuhan pokok jelang lebaran bisa diminimalisir. "Seminggu sekali akan kita lakukan pengecekan. Baik di pasar-pasar tradisional maupun ke tempat distributor," tambahnya.

Hal lain yang diantisipasi adalah adanya pihak-pihak yang melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok menjelang Lebaran yang berakibat lonjakan harga.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved