Berita Tuban

Tuban akan Jadi Center of Excellent Penanaman Melon di Jatim, Begini Penjelasan Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah akan buat center of excellent untuk penanaman holtikultura khususnya melon di Tuban

Tuban akan Jadi Center of Excellent Penanaman Melon di Jatim, Begini Penjelasan Gubernur Khofifah
fatimatuz zahro/surya
Gubernur Khofifah Indar Parawansa memanen melon saat acara Petik Melon di Desa Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Minggu (11/5/2019). 

SURYA.co.id | TUBAN - Lahan pertanian melon di Tuban bakal dijadikan center of excellent untuk penanaman holtikultura khususnya melon. Untuk itu para petani melon di Tuban bakal diajak belajar tentang penanaman melon unggulan di Sidoarjo.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung saat menghadiri acara Petik Melon di Desa Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Minggu (11/5/2019).

Gubernur Khofifah yang juga didampingi oleh Bupati Tuban Fathul Huda melakukan petik melon siap panen di Desa Klotok yang luas lahan pertanian melonnya mencapai 800 hektare.

Pada petani di sana, ia menyampaikan bahwa pekan depan mereka akan diajak ke Sidoarjo dan belajar penanaman melon prima.

"Kami ada pengembangan pilot project melon prima yang kualitasnya sangat baik. Kulitnya mulus bahkan seperti plastik dan bentuknya bukan bulat tapi kotak," kata Khofifah.

Dikatakan gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini, pekan depan melon prima itu akan panen.

Oleh karenanya ia ingin agar para petani melon bisa ikut serta melihat buah melon prima yang dikembangkan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo tersebut.

"Saya sudah cicipi melonnya manis dan saya sempat berpikir kalau itu plastik. Besok Rabu saat panen saya ingin petani melin Tuban bisa ikut untuk belajar karena melon yang di sana itu sudah berkualitas ekspor," kata Khofifah.

Lebih lanjut dikatakan mantan Menteri Sosial ini mengatakan bahwa Tuban memiliki pengembangan pertanian yang luar biasa. Bahkan bukan hanya melon tapi juga kelengkeng.

"Saya ingin belajar banyak dari Tuban. Kelengkeng dan melon ini adalah pertanian pedesaan. Kalau petani bisa dikembangkan maka profit yang bisa dinikmati petani bisa mencapai enam hingga tujuh kali lipat," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved