Berita Bojonegoro

Sekolah SMA/SMK Swasta Akan Ditinjau Izinnya jika Siswanya Konvoi saat Kelulusan

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tak segan memberikan sanksi bagi siswa-siswi SMA/SMK, yang melakukan konvoi atau corat-coret saat kelulusan

Sekolah SMA/SMK Swasta Akan Ditinjau Izinnya jika Siswanya Konvoi saat Kelulusan
surya/iksan fauzi
Pelajar SMA konvoi kelulusan di sejumlah jalan kota Bojonegoro, Jumat (15/5/2015). 

SURYA.co.id | TUBAN - Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tak segan memberikan sanksi bagi siswa-siswi SMA/SMK, yang melakukan konvoi atau corat-coret saat pengumuman kelulusan, Senin (13/5/2019).

Bahkan, bagi lembaga sekolah di Tuban maupun Bojonegoro yang siswanya turut ikut serta konvoi juga akan mendapat sanksi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno mengatakan, untuk siswa yang masih kedapatan melakukan konvoi kelulusan sanksinya administratif, bisa teguran atau lisan.

Kalau untuk lembaga sekolah yang swasta maka akan ditinjau izin operasionalnya. Sedangkan untuk sekolah yang negeri akan ditinjau kepala sekolahnya.

"Sanksinya ada semua, baik untuk siswa maupun pihak sekolah," Ujarnya dikonfirmasi Surya, Minggu (12/5/2019).

Dia menjelaskan, sanksi peninjauan terhadap lembaga itu diberikan karena pihak sekolah dinilai tidak bisa mengontrol maupun mendidik siswanya dengan baik.

Apakah itu sekolah swasta maupun lembaga sekolah negeri.

Pihaknya juga sudah memberikan instruksi kepada masing-masing lembaga sekolah agar tidak membolehkan siswanya merayakan kelulusan dengan cara konvoi, atau corat-coret.

Sebab hal itu dinilainya tidak bermanfaaat dan menganggu ketertiban umum, sehingga berdampak negatif bagi masyarakat.

"Instruksi sudah, jadi saya harap semua mengindahkan aturan ini. Sekolah harus bisa mengontrol siswanya agar tidak konvoi, ada sanksinya jika tetap dilakukan, baik bagi siswa maupun sekolah. Nanti akan diketahui siapa-siapa saja yang konvoi, apalagi bila diamankan kepolisian karena melanggar lalu lintas," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved