Pemilu 2019

Ini Rincian Perolehan Kursi DPRD Jatim untuk Tiap Partai Menggunakan Sainte League

Pada pemilu 2019 kali ini, PDI Perjuangan sukses mengemas dua kursi hampir di seluruh daerah pemilihan.

Ini Rincian Perolehan Kursi DPRD Jatim untuk Tiap Partai Menggunakan Sainte League
foto: istimewa
Logo Pileg 2019 

SURYA.co.id | SURABAYA – Hasil perolehan kursi DPRD Jatim tiap partai berubah berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU Jatim yang selesai Jumat (10/5/2019).

Menggunakan metode perhitungan sainte league terhadap 14 daerah pemilihan di Jatim, terungkap PDI Perjuangan sukses mengemas 27 kursi dari total 120 kursi DPRD Jatim (22,5 persen) sekaligus memimpin perolehan kursi.

Pada pemilu 2019 kali ini, PDI Perjuangan sukses mengemas dua kursi hampir di seluruh daerah pemilihan.

Hanya dapil Jatim 2, Jatim 3, Jatim 12, Jatim 13, dan Jatim 14 yang memberikan 1 kursi bagi partai berlambang kepala banteng ini.

Sementara di dapil Jatim 6 yang membawahi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu, partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri ini mendapat 4 kursi dari 11 kursi yang diperebutkan.

Dengan perolehan tersebut, bukan hanya meningkatkan jumlah kursi dari pemilu sebelumnya yang baru mengemas 19 kursi, namun juga membuat partai bernomor urut 3 ini memimpin perolehan untuk kali pertama dalam sejarah pemilu dengan menggeser PKB.

Di bawah PDI Perjuangan, berturut-turut ada PKB (24 kursi), Gerindra (15 kursi), Demokrat (14 kursi), dan Golkar (13 kursi) yang juga masuk jajaran lima besar partai dengan kursi terbanyak.

Jumlah kursi kelima partai ini juga meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya.

Partai yang mampu meningkatkan jumlah kursi dengan pesat adalah NasDem.

NasDem yang sebelumnya mendapat empat kursi (empat persen) di pemilu 2014, kini sukses mengemas 10 kursi (8,3 persen jumlah kursi DPRD Jatim) atau meningkat lebih dari 100 persen. Dengan jumlah sebanyak itu, NasDem berada di urutan keenam.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved